Kopi. /Arah Kopi
Health

Terlalu Banyak Minum Kopi? Awas Alami Kebutaan

 Jessica Gabriela Soehandoko
Senin, 14 Juni 2021 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kopi sering dikonsumsi terutama untuk memberikan rasa ‘semangat’ untuk di pagi hari. Namun jika dikonsumsi terlalu berlebihan, maka akan memberikan dampak yang serius.

Banyak dari penelitian menunjukan bahwa kopi memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Namun, dilansir dari jurnal yang diterbitkan oleh Ophthalmology Journal, jika anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan, maka akan memberikan dampak yang negatif.

Dilansir dari the ladders, jika asupan dalam sehari lebih dari 180 miligram kafein atau setara dengan empat cangkir kopi, 10 kaleng soda atau dua minuman energi, maka akan berpotensi terkena glaukoma, terutama jika memiliki kecenderungan penyakit secara genetik.

Glaukoma adalah kondisi pada mata, yakni adanya kerusakan saraf optik dikarenakan memberikan tekanan yang berlebihan. Salah satu risiko yang paling besa dalam penekanan ini yakni adanya kerusakan pada penglihatan.

Berdasarkan data pada negara Amerika Serikat, Glaukoma merupakan penyebab kedua dari kebutaan. Penelitian tersebut berdasarkan dari lebih dari 200.000 warga Amerika baru yang diteliti setiap tahunnya. Bukan hanya itu, sekitar 50% pasien juga menjalani dengan waktu yang sudah cenderung lama, namun tidak terdiagnosis dengan benar.

Populasi yang paling berisiko terkena glaukoma seringkali pada awalnya tidak menunjukan adanya gejala tertentu. Salah satu cara yang tepat untuk menilai seberapa resiko anda adalah dengan menganalisis jumlah tekanan cairan di dalam mata anda, atau disebut dengan tekanan intraokular.

Untuk menghindari kondisi ini, akan lebih baik bagi anda untuk mengurangi asupan konsumsi kafein dalam setiap harinya. Dokter merekomendasikan bagi orang dewasa antara tiga sampai lima cangkir kopi, atau delapan ons perharinya. Jika dalam sehari mengkonsumsi lebih dari 321 miligram, maka anda secara genetik akan berisiko terkena Glaukoma 3,9 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak atau hanya mengonsumsi kafein dengan jumlah yang lebih sedikit.

Walaupun tidak ada gejala awal yang menunjukan adanya risiko terkena Glaukoma, namun anda dapat mengetahui gejala berlebihan dari mengkonsumsi kopi yakni mengalami masalah pencernaan, insomnia, cemas, atrofi otot, detak jantung tidak teratur, dan tekanan darah yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro