Anak sedang makan
Health

Makanan vs Suplemen, Mana Lebih Baik untuk Anak?

Ni Luh Anggela
Selasa, 15 Juni 2021 - 18:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memberikan suplemen makanan untuk anak biasanya dilakukan orang tua untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Bahkan beberapa produk suplemen makanan mengklaim dapat membuat anak lebih sehat dan cerdas.
 
Namun, tahukah Anda bahwa suplemen makanan tidak menggantikan nutrisi yang baik, latihan dan istirahat serta lingkungan sehat?
 
Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi adalah dari seluruh sumber makanan mereka.
 
“Makanan adalah sumber nutrisi terbaik.” tulis Cinthia Scott, ahli diet terdaftar dan konselor laktasi bersertifikat di laman Instagramnya @the.baby.dietitian, Selasa (15/6/2021).
 
Studi menunjukkan bahwa tubuh kita mampu mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan lebih mudah daripada bentuk pil.
 
Menurut Scott, jika anak-anak Anda makan makanan yang bervariasi yang mencakup semua kelompok makanan termasuk buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran, biji-bijian, susu beku atau pengganti susu, daging dan makanan laut, kemungkinan mereka mendapatkan semua yang mereka butuhkan. Suplemen makanan tidak diperlukan untuk sebagian besar anak yang sehat.
 
“Suplemen makanan dalam dosis besar menimbulkan risiko toksisitas, terutama pada anak kecil.” tambahnya.
 
Sebuah studi pada tahun 2013 di Pediatric Research menyatakan bahwa sebagian besar suplemen yang digunakan oleh anak-anak tidak di bawah rekomendasi dari penyedia layanan kesehatan. Alasan paling umum untuk penggunaan suplemen pada anak-anak adalah untuk promosi kesehatan, namun sedikit data ilmiah yang mendukung gagasan ini pada anak-anak yang gizinya terpenuhi.
 
Suplemen makanan mungkin direkomendasikan untuk mereka yang menjalani diet vegan, anak-anak dengan alergi, anak-anak dengan kondisi medis yang membuat mereka berisiko kekurangan nutrisi, dan mereka yang menjalani diet yang sangat ketat.
 
Jika Anda khawatir tentang kekurangan nutrisi, carilah dukungan dari dokter anak Anda dan  ahli gizi pediatrik dan tentukan apakah suplemen makanan yang tepat untuk si kecil.
 
“Selalu diskusikan dengan dokter anak Anda sebelum memberikan suplementasi vitamin kepada anak.” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro