Gejala parkinson
Health

10 Tanda Awal Parkinson yang Harus Diwaspadai

Ni Luh Anggela
Rabu, 16 Juni 2021 - 12:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Parkinson merupakan gangguan sistem saraf pusat yang memengaruhi bagian otak yang berfungsi mengoordinasikan gerakan tubuh. Penyakit ini memburuk secara bertahap seiring berjalannya waktu.
 
Hingga saat ini, Parkinson belum  diketahui penyebabnya secara medis. Meski begitu, ada beberapa faktor risiko  yang telah diketahui secara umum. Mengutip Halodoc , Rabu (16/6/2021), faktor risiko tersebut adalah benturan di kepala dan kurangnya aktivitas fisik hingga usia di atas 70 tahun. Selain itu, bahan-bahan kimia seperti mangan, karbon disulfida dan insektisida juga dapat meningkatkan risiko terserang penyakit Parkinson.
 
Gejalanya juga sulit diketahui pada awalnya, sehingga banyak orang mungkin hidup tanpa mengetahuinya. Tetapi ada beberapa tanda peringatan dini Parkinson yang harus selalu Anda cari, termasuk tremor  dan pusing yang tidak dapat dijelaskan.
 
Melansir Express , Rabu (16/6/2021), berikut 10 tanda peringatan dini Parkinson.
 
1.  Tremor

Jari, ibu jari, tangan atau dagu Anda mungkin sedikit gemetar atau bergerak tanpa sadar pada saat Anda beristirahat.
 
2. Tulisan tangan kecil

Mikrografia adalah gejala awal Parkinson, menurut Parkinson's Foundation. Ini digambarkan sebagai memiliki tulisan tangan yang tampak jauh lebih kecil dari yang biasa Anda lakukan.
 
3. Kehilangan indera penciuman

Perubahan pada bau makanan atau wewangian tertentu mungkin disebabkan oleh Parkinson. Cobalah mencium bau pisang, minuman keras, atau cuka jika Anda khawatir tentang indera penciuman Anda.
 
4. Kesulitan tidur

Gerakan tiba-tiba selama Anda tidur mungkin disebabkan oleh kondisi otak. Itu normal untuk sesekali berguling-guling di malam hari, tetapi Parkinson telah dikaitkan dengan kesulitan tidur yang berkepanjangan.
 
5. Kesulitan bergerak

Otot Anda menjadi kaku dan sakit sehingga Anda menjadi sulit untuk mengayunkan kaki atau lengan. Gerakan-gerakan Anda menjadi lemah dan terbatas.  Ini merupakan gejala-gejala ketika seseorang mengalami Parkinson.
 
6. Sembelit

Mengejan untuk buang air besar bisa menjadi tanda awal penyakit Parkinson.
 
7. Perubahan pada suara Anda

Beberapa pasien memiliki suara yang lebih lembut, atau lebih rendah. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa suara Anda terdengar serak, meskipun Anda tidak sedang mengalami sakit tenggorokan.
 
8. Ekspresi wajah serius

Ekspresi wajah yang tampak serius terus-menerus bisa disebabkan oleh Parkinson. Beberapa orang mungkin terlihat marah, atau seolah-olah mereka berada dalam suasana hati yang buruk.
 
9. Pusing

Anda bisa merasa sangat pusing ketika Anda berdiri, sementara beberapa orang bahkan pingsan.
 
10. Firasat

Parkinson bisa menyebabkan beberapa pasien membungkuk ketika mereka berdiri. Anda mungkin bersandar atau membungkuk ketika mencoba untuk berdiri tegak.
 
"Mungkin sulit untuk mengetahui apakah Anda atau orang yang dicintai memiliki penyakit Parkinson," kata Parkinson's Foundation.
 
"Tidak ada satupun dari tanda-tanda ini berarti bahwa Anda harus khawatir, tetapi jika Anda memiliki lebih dari satu tanda ini, Anda harus mempertimbangkan membuat janji untuk berbicara dengan dokter Anda."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro