Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips and Trik Mengoleskan Sunscreen untuk Anak-anak

Berikut tips dan trik mengoleskan sunscreen untuk anak-anak agar terhindar dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit.
Anissa Putri
Anissa Putri - Bisnis.com 16 Juni 2021  |  20:43 WIB
Ilustrasi Anak-anak.  - Unicef
Ilustrasi Anak-anak. - Unicef

Bisnis.com, JAKARTA – Penggunaan tabir surya atau sunscreen sangat penting lantaran hampir setiap orang melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga terpapar sinar matahari secara langsung.

Melindungi kulit dari sinar matahari sangatlah penting. Selain untuk menghindari sengatan matahari, tetapi juga untuk mencegah penuaan dini hingga kanker kulit.

Penggunaan sunscreen sangat diperlukan tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi anak-anak. Meski demikian, para orang tua sering kali kesulitan mengoleskan sunscreen di wajah anak mereka.

Menurut dokter kulit Cleveland Clinic Melissa Piliang MD, satu sengatan matahari pada anak-anak dapat meningkatkan risiko melanoma, bentuk kanker kulit paling mematikan.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar paparan sinar matahari kita terjadi di masa kanak-kanak. Kami berlarian di luar bermain, kami berolahraga, kami banyak di luar dan saat itulah kami mendapatkan banyak paparan sinar matahari. Jadi sangat penting untuk memikirkan sunscreen dan perlindungan pada anak-anak," ujar Dr Piliang seperti dikutip dari counton2.com, Rabu (16/6/2021).

Dari beberapa jenis sunscreen yang dapat digunakan untuk anak-anak, stik suncreen mungkin menjadi pilihan yang baik. Jenis stik bisa menempel dengan baik dan tidak akan mengenai mata mereka.

Namun, beberapa anak senang mengolesi sunscreen jenis stik ke seluruh tubuh mereka secara sembarangan. Pastikan Anda selalu memperhatikan saat anak menggunakan sunscreen tersebut, hindari pemakaian di sekitar mata.

Pilihan lain yang sering disukai anak-anak sunscreen berjenis semprotan. Jika memilih menggunakan semprotan, Anda perlu melakukan 2-3 kali penyemprotan untuk mendapatkan perlindungan yang baik dan kemudian mengoleskannya.

Dr. Piliang mengatakan para orang tua bahkan dapat membiarkan anak-anak mengambil alih pemakaian setelah mereka cukup besar.

“Ketika mereka bisa, saya akan membiarkan mereka menyemprot diri mereka sendiri. Saya pikir itu baik bagi mereka untuk memiliki kendali itu dan kemudian mereka akan membentuk kebiasaan untuk melakukannya sendiri,” ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

radiasi matahari anak-anak perawatan wajah
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top