MacKenzie mendonasikan sebagian kekayaannya untuk pandemi virus corona./istimewa
Entertainment

Mantan Istri Bos Amazon Sumbang Rp38,61 Triliun untuk 286 Organisasi

Hadijah Alaydrus
Rabu, 16 Juni 2021 - 06:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - MacKenzie Scott, dermawan miliarder dan mantan istri CEO Amazon Jeff Bezos, mengumumkan bahwa dia telah memberikan lebih dari U$2,7 miliar atau sekitar Rp38,61 triliun kepada ratusan kelompok tahun ini.

Dalam sebuah posting blog, Scott mengatakan dia menyumbang ke 286 organisasi berdampak tinggi yang berfokus pada berbagai hal mulai dari seni dan keadilan rasial hingga pendidikan tinggi dan memerangi kekerasan dalam rumah tangga. Pengumuman itu menandai sumbangan pertama Scott sejak dia menikah lagi, kepada Dan Jewett, seorang guru sains asal Seattle pada awal tahun ini.

“Saya, Dan, konstelasi peneliti, administrator, dan penasihat — kita semua mencoba memberikan kekayaan yang dimungkinkan oleh sistem yang membutuhkan perubahan,” tulis Scott dalam posting blog.

“Dalam upaya ini, kami diatur oleh keyakinan rendah hati bahwa akan lebih baik jika kekayaan yang tidak proporsional tidak terkonsentrasi di sejumlah kecil tangan, dan bahwa solusi terbaik dirancang dan diterapkan oleh orang lain.”

Scott telah mengambil pendekatan yang tidak biasa terhadap filantropi, sebelumnya mengatakan dia berkonsultasi dengan timnya tentang cara memberikan kekayaannya lebih cepat. Pengumuman Selasa menandai sumbangan ketiga Scott dalam waktu kurang dari setahun.

Scott memiliki kekayaan bersih lebih dari US$59 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Scott menjadi salah satu wanita terkaya di dunia setelah perceraiannya dari Bezos pada 2019, yang membuatnya memiliki 4 persen saham di Amazon. Mantan suaminya, Jeff Bezos, adalah pria terkaya di dunia, menurut indeks.

Scott telah memberikan sumbangan sejak Juli 2020, ketika dia mengumumkan sumbangan US$1,7 miliar untuk perguruan tinggi dan universitas kulit hitam yang bersejarah, bersama dengan kelompok lain. Desember lalu, Scott mengumumkan bahwa dia memberikan US$4,2 miliar lagi kepada ratusan organisasi.

Pada tahun 2019, Scott menandatangani ikrar donasi dan berkomitmen untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya untuk amal. The Giving Pledge dimulai oleh Warren Buffett dan Bill dan Melinda Gates pada tahun 2010 untuk mendorong kaum ultra-kaya dunia untuk mendistribusikan kekayaan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro