Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada warga di GOR Pangadegan, Jakarata, Kamis (10/6/2021). Kementerian Kesehatan memulai program vaksinasi Covid-19 tahap ketiga yang menyasar sekitar 4,8 juta penduduk wilayah DKI Jakarta pada kelompok usia minimal 18 tahun. Vaksinasi tersebut ditargetkan rampung pada Desember 2021. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Health

Panduan Lengkap Vaksinasi Covid-19 DKI Jakarta: Lokasi, Link Daftar, Cara Cek Status

Feni Freycinetia Fitriani
Jumat, 18 Juni 2021 - 13:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Warga DKI Jakarta yang berusia di atas 18 tahun kini bisa mengikuti program vaksinasi Covid-19 secara gratis dengan mengikuti panduan atau tata cara, mulai dari syarat, lokasi, link pendaftaran, hingga cara mengecek status. 

Program vaksinasi massal di DKI Jakarta dilakukan untuk menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19 dan mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

Syarat untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 ini juga sangat mudah. Anda hanya diwajibkan untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta atau surat keterangan tinggal (domisili) di DKI Jakarta.

Selain itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menerapkan syarat program vaksinasi Covid-19 ini untuk warga yang berusia 18 tahun ke atas dengan fisik yang sehat. Jika ragu dengan kondisi tubuh, Anda wajib mengecek 9 kondisi yang tidak dianjurkan untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. 

Perlu diingat, dalam program vaksinasi massal kali ini, warga DKI Jakarta akan menerima vaksin Covid-19 AstraZeneca. Program vaksinasi ini gratis untuk seluruh warga Ibu Kota atau tidak dipungut biaya sama sekali.

Berikut panduan lengkap program vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta. Mulai dari persyaratan, lokasi, link daftar, hingga cara cek status.

1. Syarat
a. Berusia 18 tahun ke atas
b. Memiliki KTP atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) DKI Jakarta
c. Jika tinggal di Jakarta, Anda harus menyertakan surat domisili yang ditandatangani oleh RT/RW setempat.

Panduan Lengkap Vaksinasi Covid-19 DKI Jakarta: Lokasi, Link Daftar, Cara Cek Status

2. Lokasi
Mengacu pada petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan, vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah daerah Kabupaten/Kota.
Selain itu, vaksinasi juga bisa dilaksanakan di Fasyankes milik masyarakat/swasta yang memenuhi persyaratan.

Jenis Fasyankes yang melaksanakan Vaksinasi Covid-19 adalah sebagai berikut:
1. Puskesmas, puskesmas pembantu
2.Klinik
3. Rumah sakit
4. Unit pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Selain itu, ada fasilitas swasta yang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19:
1. Sentra Vaksinasi Serviam (Sekolah Santa Ursula Jakarta Pusat)
2. Lippo Mall Puri
3. Mall Artha Gading

Untuk mengecek lokasi vaksinasi terdekat, sekarang kamu bisa memanfaatkan Google Maps. Sebagai contoh, kamu bisa mengetikkan “lokasi vaksinasi Covid-19”, dan kamu akan melihat sederet daftar lokasi vaksinasi. Ini merupakan kolaborasi antara Jakarta Smart City (JSC), Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan Google.

[Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 DKI Jakarta via Google Maps]

3. Link Pendaftaran
Beberapa Fasyankes biasanya mewajibkan warga untuk mendaftarkan dirinya terlebih dahulu. Supaya lebih praktis dan mengurangi kerumunan, Anda dapat melakukan pendaftaran vaksinasi lewat aplikasi JAKI atau corona.jakarta.go.id/vaksinasi.

Berikut cara daftar vaksinasi Covid-19 lewat aplikasi JAKI atau corona.jakarta.go.id/vaksinasi

a. Buka aplikasi JAKI atau kunjungi menu vaksinasi di website corona.jakarta.go.id;
b. Jika kamu memilih untuk mendaftar melalui website, klik ‘Cek di Sini’ pada laman vaksinasi dan langsung ikuti langkah kelima di panduan ini;
c. Pilih Buat akun jika baru menggunakan JAKI, atau login jika sudah memiliki akun;
d. Pada fitur Jakarta Tanggap Covid-19, pilih Vaksinasi;
e. Masukkan nomor NIK dan nama lengkap untuk pengecekan jadwal vaksinasi. Pastikan nama dan nomor NIK kamu benar, ya. Setelah itu pilih Periksa.
f. Bila tertera tulisan belum terdaftar, silakan klik daftar.
g. Selanjutnya, isi dan lengkapi data diri mulai tanggal lahir, alamat tinggal, pilihan lokasi vaksin, sampai dengan kategori.

Selain cara online, warga juga bisa mendaftar melalui RT/RW di daerah tempat tinggal. Jika sudah dapat jadwal, datanglah ke lokasi vaksinasi secara tepat waktu untuk mengurangi risiko berkerumun serta mempermudah Tenaga Kesehatan menjalankan tugasnya.

4. Cara Cek Status
Setelah Anda mendaftar di aplikasi JAKI atau corona.jakarta.go.id/vaksinasi, jangan lupa mengecek status dan jadwal vaksinasi yang sudah ditentukan. Anda juga diminta untuk mengisi data pre-screening untuk membantu kelancaran proses vaksinasi Covid-19 di masing-masing lokasi.

Panduan Lengkap Vaksinasi Covid-19 DKI Jakarta: Lokasi, Link Daftar, Cara Cek Status

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro