Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang 22 Tahun Ormas Oi, Ini Kata Iwan Fals

Iwan Fals dalam akun media sosial resmi miliknya sempat mengenang bagaimana Ormas OI tersebut berdiri.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 20 Juni 2021  |  22:57 WIB
Jelang 22 Tahun Ormas Oi, Ini Kata Iwan Fals
Iwan Fals saat konser di Malang, Sabtu (26/11/2016) malam. - Bisnis/Choirul Anam

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kemasyarakatan (ormas) Orang Indonesia (Oi) besutan musisi Virgiawan Listanto atau Iwan Fals telah menginjak 22 tahun dan berencana menggelar Musyawarah Nasional ke-7.

Iwan Fals dalam akun media sosial resmi miliknya sempat mengenang bagaimana ormas tersebut berdiri, di mana begitu lekat dengan para penggemarnya dan telah menjadi lebih dari sekadar kelompok penggemar.

Tepatnya pada 16 Agustus 1999, di kediaman Iwan Fals, Desa Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, wadah penggemar yang ketika itu bernama Yayasan Orang Indonesia (YOI), menggelar forum silaturrahmi dan bersepakat menanggalkan identitas sebagai kelompok fans club, kemudian membentuk ormas.

"Kita kumpul, dari seluruh Indonesia itu kurang lebih sekitar 300-an orang, lah, gitu. Untuk berkumpul, untuk berembug tentang apa nih, yang terbaik yang akan kita lakukan buat kehidupan bareng-bareng," kenang Iwan dalam video yang diunggah, Sabtu (19/6/2021).

Dalam video berdurasi 8 menit tersebut, Iwan membawakan lagu Mars Oi buatan Digo Dz. Selain itu dia juga mengutarakan pesan dan kesannya dalam menyambut Munas Oi VII 2021 yang akan digelar secara virtual untuk menggantikan kepemimpinan Rosana Listanto atau Mbak Yos, istrinya.

"Nggak berasa ya, sudah lebih dari 20 tahun lagu ini," ungkapnya sembari tersenyum.

Iwan juga mengucapkan selamat kepada OI lantaran mendapatkan pemimpin baru yang baik, untuk dirinya, orang lain, organisasi, dan semesta. Dia juga berpesan agar semboyan 'SOPAN' terus dipegang teguh.

Sekadar informasi, SOPAN merupakan kepanjangan dari Seni, Olahraga, Pendidikan, Akhlak, dan Niaga, yang selama 22 tahun ini menjadi akar dari program-program Ormas Oi..

"Mudah-mudahan semakin kuat program itu, semakin tajam, semakin bermanfaat kegiatan-kegiatan itu, buat lingkungan sekitar terutama, dan membanggakan kita semua," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ormas iwan fals
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top