Kesehatan mental/istimewa
Health

Ini Alasan Mengapa Anda Sering Merasa Bersalah Saat Pandemi

Jessica Gabriela Soehandoko
Selasa, 22 Juni 2021 - 18:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika pandemi, terkadang kita merasa terus menerus merasa bersalah. Hal ini dikarenakan berbagai faktor yang menjadi beban pikiran kita.

Ketika kita memiliki berbagai rutinitas yang dilakukan diluar rumah, kini tindakan tersebut dapat mengancam kesehatan masyarakat. Hal ini membuat Anda sulit untuk menghilangkan perasaan bahwa telah melakukan sesuatu yang salah terutama dalam berkontribusi pada tingkat penyebaran virus.

Rasa bersalah yang dimilik adalah kondisi emosi yang terkait dengan tindakan. Hal ini terjadi dikarenakan kita melanggar aturan hukum, standar sosial, atau aturan eksternal lainnya. Sedangkan, untuk aturan internal, hal ini seperti melanggar harapan yang kita tetapkan untuk diri sendiri. Hasil dari tindakan ini yakni adalah ketakutan atau berdasarkan sepengetahuan Anda, Anda telah melakukan sesuatu yang merugikan.

Selama masa pandemi, banyak rasa bersalah yang sering dirasakan. Hal ini seperti hal duka, ataupun ketika tidak dapat memenuhi peran keluarga. Dengan kondisi dan berbagai faktor tersebut, maka tidak cukup untuk menghilangkan rasa bersalah sebagian orang.

Di lain sisi, jika perasaan bersalah terlalu meresap di diri kita, lalu muncul dalam situasi perasaan tersebut menjadi tidak beralasan, dan cenderung sulit untuk diselesaikan. Jika Anda terus meragukan dan mencaci maki diri sendiri sehingga menyebabkan tekanan emosional dan mental, maka hal ini cenderung berdampak negatif.

Dilansir dari refinery29 pada hari Selasa (22/06/21), terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa bersalah.

Pertama, yakni harus melunakki diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan berkaca pada diri sendiri, dan perlakukan diri kita seperti seorang teman.

Kedua, jika Anda mulai memahami bahwa keputusan yang Anda buat adalah atas pertimbangan diri sendiri dan yang paling terbaik secara keseluruhan, serta mungkin masih melakukan kesalahan, maka yakinlah pada diri sendiri untuk membuat perbaikan kedepannya.

Ketiga, jika Anda menyadari masih tidak bisa memperbaiki kesalahan, cobalah untuk meminta maaf kepada orang lain secara baik-baik, atau coba untuk memaafkan diri sendiri.

Kunci dalam permasalahan ini, yakni terletak pada seberapa kenal Anda dengan diri sendiri, terutama dalam hal yang menjadi kendali Anda. Hal tersebut dapat membantu dalam memotivasi Anda jika mulai merasa bersalah, dan dapat membuat Anda merasa lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro