Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anda Pecinta Seni? Berikut 3 Manfaatnya untuk Kehidupan

Mulai dari seni kriya, seni rupa, seni lukis, seni musik, seni tari dan masih banyak lagi seni yang bisa dinikmati. Seluruh aspek seni seolah berkontribusi pada rasa kesejahteraan kehidupan. Untuk itu, seni sangat berpengaruh pada pikiran manusia.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 23 Juni 2021  |  13:53 WIB
Anda Pecinta Seni? Berikut 3 Manfaatnya untuk Kehidupan
Lukisan Lee Man Fong direstorasi. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Seni sangat penting dan bermanfaat secara emosional untuk kehidupan seseorang.

Mulai dari seni kriya, seni rupa, seni lukis, seni musik, seni tari dan masih banyak lagi seni yang bisa dinikmati. Seluruh aspek seni seolah berkontribusi pada rasa kesejahteraan kehidupan. Untuk itu, seni sangat berpengaruh pada pikiran manusia.

Melansir dari tatlerthailand, Rabu (23/6/2021) berikut adalah bukti bahwa seni mempengaruhi kehidupan manusia :

1. Meningkatkan empati

Dalam hidup, terkadang penting untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Dengan begitu, dapat melihat dunia dari mata orang lain. Seni adalah salah satu cara yang paling mudah diakses dan termudah untuk mencapai prestasi ini.

Baik itu melihat galeri pameran atau menonton film dokumenter perjalanan kehidupan pribadi, seni memungkinkan untuk merasakan dan memahami pengalaman orang lain yang mungkin cukup asing bagi diri sendiri.

Pemahaman ini meningkatkan kemampuan untuk berempati dan terhubung dengan orang-orang di sekitar dari berbagai lapisan masyarakat.

2. Menumbuhkan kreativitas

Otak dirancang untuk mempelajari kembali dari informasi baru sepanjang hidup.
Adaptasi unik dari spesies manusia ini disebut neuroplastisitas. Semakin banyak mengalami konfrontasi dengan perbedaan dan gagasan atau gambaran yang mengguncang untuk keluar dari zona nyaman, itu akan semakin menempa jalur saraf baru dan alternatif di otak.

Dengan cara ini, Anda akan mengalami dan menyerap kreativitas orang lain yang dapat membantu lebih mengembangkan potensi kreatif diri. Seni dapat menciptakan lingkaran umpan balik positif.

3. Penghilang stres

Dari waktu ke waktu, semua orang membutuhkan kelegaan dari tuntutan kewajiban hidup yang terus-menerus.

Seni menawarkan pengalih perhatian yang indah. Seni dapat melepaskan diri dari stres dan memusatkan perhatian pada pemandangan dan perspektif alternatif yang sering terabaikan.

Seni memberikan energi dan membantu mengingatkan untuk terlepas dari kerepotan sehari-hari yang kronis. Seni mengingatkan seseorang jika di dunia masih ada hal yang indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seni seniman
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top