Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Silver Ion yang Disebut Mampu Cegah Virus

Cat pelapis rumah diklaim mampu menghindarkan virus corona dengan formula silver ion.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 Juni 2021  |  15:55 WIB
cat anti virus
cat anti virus

Bisnis.com, JAKARTA - Bukan hanya bisa dijadikan perhiasan, perak ternyata juga dinilai efektif dalam membasmi berbagai jenis mikroorganisme dan kuman, termasuk virus. Efek tersebut berasal dari partikel silver-ion pada perak.

Dikutip dari Alodokter, silver-ion merupakan partikel perak berukuran sangat kecil yang diubah menjadi ion. Sebelum antibiotik ditemukan, perak telah digunakan selama berabad-abad di Yunani untuk menangani sakit perut atau menyembuhkan luka.

Saat ini, perak maupun silver-ion sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk peralatan medis, transplantasi tulang, dan obat-obatan untuk menyembuhkan luka, misalnya luka bakar.

Ada beberapa cara kerja partikel silver-ion dalam membasmi virus, yaitu:

1. Mengikat virus tanpa harus merusak sel tubuh
2. Mengganggu proses metabolisme virus dan merusak susunan DNA-nya, sehingga virus tidak dapat berkembang biak dan mati
3. Merusak dinding sel virus
4. Mencegah atau melepaskan perlekatan virus pada sel-sel tubuh
5. Meski cara kerja silver-ion untuk membasmi virus

Seperti yang telah disebutkan, silver-ion diketahui dapat membasmi virus. Menurut sejumlah penelitian, beberapa jenis virus yang bisa dibunuh oleh silver-ion adalah virus HIV, Herpes, RSV, Monkeypox, Influenza, HBV.

CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia, Jon Tan mengatakan Formula Silver-Ion bukan hanya mampu membasmi bakteri, virus, bahkan Virus SARS COV-2 (COVID-19).

Dia menjabarkan, inovasi tersebut telah dibuktikan melalui uji coba di antimikrop R&D biocidal analysis laboratory yang menunjukan hasil 99,99% Virus SARS COV-2 (COVID-19) akan mati setelah terjadi kontak dengan lapisan cat yang sudah dilengkapi dengan formula Silver-Ion dari Nippon Paint dan juga telah terbukti aman atau bebas racun.

"Nippon Paint sendiri telah merilis cat dengan lapisan formula silver ion untuk mencegah virus corona." ujarnya dalam keterangan tertulis.

Jon Tan melanjutkan bahwa Silver-Ion dari Nippon Paint adalah satu-satunya formula cat/pelapis yang mendapatkan sertifikat yang terbukti ampuh dalam membasmi virus SARS COV-2 (COVID-19).

“Kami melihat adanya kebutuhan cat kesehatan di segmen rumah tangga, oleh karena itu diluncurkan Spot-less Plus, cat premium anti noda dan anti bakteri di tahun 2018. Kemudian di tengah pandemi 2020 lalu, kami luncurkan Vinilex Silver-Ion, cat anti-kuman agar cat kesehatan dapat terjangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, katanya, Nippon Paint juga berpartisipasi memberikan perlindungan kesehataan melalui teknologi Silver-Ion ke masyarakat luas, beberapa di antaranya adalah program bakti sosial (CSR) pengecatan Yayasan Pita Kuning – yayasan filantropi bagi anak dengan kanker, dan Rumah Sakit Tzu Chi pada ruangan khusus penanganan COVID-19 yang memerlukan perlindungan ekstra dengan rangkaian cat/pelapis formula Silver-Ion dari Nippon Paint.

“Kami berharap program bakti sosial dengan inovasi teknologi Silver-Ion ini dapat menjangkau Rumah Sakit lainnya untuk melindungi masyarakat dan tenaga kesehatan kita” tutup Jon Tan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cat antivirus
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top