Tabung oksigen/istimewa
Health

Ini Lho Manfaat Oksigen Murni yang Kini Banyak Dicari

Newswire
Selasa, 6 Juli 2021 - 09:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meningkatnya kasus covid-19 di tanah air membuat masyarakat sulit mencari pasokan oksigen.

Harganya pun ikut melambung. Kebutuhan oksigen ini dibutuhkan untuk pasien covid-19 yang mengalami sesak napas karena saturasi oksigen yang turun.

Lantas apa sebenarnya oksigen murni dan manfaatnya untuk tubuh?

Oksigen yaitu unsur yang sangat penting dan vital dalam tubuh. Tidak hanya untuk bernafas oksigen juga sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh, mengganti sel-sel yang mati dengan sel yang baru dan mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk Covid-19.

Nikmawati dalam publikasinya di Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia mengatakan bahwa oksigen diperlukan sel untuk mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti aktivitas fisik, penyerapan makanan, membangun kekebalan tubuh, pemulihan kondisi tubuh, juga penghancuran beberapa racun sisa metabolisme

Nyaris setiap saat berhadapan dengan polusi, terik sinar matahari, stress dan lain sebagainya. Semua keadaan tersebut dapat mengurangi pasokan oksigen yang kita hirup sehari-hari. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan bahwa di udara, oksigen yang biasa kita hirup kadar kesucian oksigenya hanya berkisar 20 persen.

Fakta inilah yang membuat semakin banyak orang yang membutuhkan oksigen murni dalam tabung oksigen untuk membantu dalam proses penyembuhan. Selain untuk Covid-19, oksigen murni yang terdapat dalam tabung oksigen juga dapat membantu proses penyembuhan penyakit diabetes, stroke, anemia, luka bakar, mencegah terjadinya kebotakan, dan membunuh berbagai jenis bakteri yang menyebabkan penyakit dan lain-lain.

Selain itu, oksigen murni dalam tabung oksigen juga memiliki berbagai manfaat. Dikutip dari laman resmi Universitas Muhammadiyah Semarang, beberapa manfaat oksigen murni dalam tabung oksigen yaitu:

1. Meningkatkan metabolisme tubuh
2. Mengganti jaringan tubuh yang rusak
3. Mempercepat penyembuhan luka
4. Menghambat penuaan

Cara menggunakan tabung oksigen adalah dengan memasang humidifier atau pelembabnya terlebih dahulu. Setelah itu, pasang selang oksigen atau cannula ke humidifier untuk kebutuhan oksigen maksimal 6 liter per menit, jika kebutuhan oksigen lebih dari 6 liter per menit dapat menggunakan masker. 

Buka keran oksigen pada tabung dan atur kebutuhan oksigen pada keran yang terdapat di atas humidifier.

Jika sudah, maka pasangkan selang oksigen yang sudah tersambung ke tabung oksigen melalui humidifier ke hidung pasien dengan cara masukkan dua buah lubang ke hidung pasien dan kaitkan ke belakang telinganya. Terdapat pengunci yang dapat diatur agar selang oksigen tidak mudah lepas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro