Ilustrasi pasien yang terinfeksi Covid-19 mengalami sesak napas saat isolasi mandiri di rumah/Freepik.com
Health

Jangan Panik! Ini 6 Tips Atasi Sesak Napas Saat Terpapar Covid-19

Meuthia Novianthree Nafasya
Selasa, 6 Juli 2021 - 12:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sesak napas menjadi salah satu gejala yang dialami seseorang ketika terinfeksi virus Covid-19. Ternyata, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sesak napas.
 
Sesak napas terjadi karena kekurangan oksigen akibat infeksi di aru-paru yang berlebihan. Sistem pernapasan menjadi salah satu yang akan mengakibatkan masalah besar apabila tidak ditangani dengan benar.
 
Dilansir dari akun Instagram Kementerian Kesehatan (@kemenkes_ri), Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Persahabatan, dr. Prasenohadi menjelaskan sesak napas menjadi salah satu gejala dari Covid-19. Dia juga memberikan tips yang dapat dilakukan pasien Covid-19 ketika mengalami sesak napas saat terinfeksi Covid-19.

Berikut 6 tips mengatasi sesak napas ketika terinfeksi Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumah:

Pertama, akan lebih baik pasien atau keluarga memiliki alat pengukur kadar saturasi oksigen yang disebut pulse oximetry. Kemudian, apabila pasien memiliki saturasi oksigen kurang dari 90, maka harus dengan segera memberikan oksigen.
 
Kedua, cobalah tidur dengan posisi tengkurap. Lakukan posisi tidur tengkurap selama 30 menit hingga 1 jam secara berulang-ulang. Hal tersebut bertujuan agar distribusi oksigen di dalam paru-paru lebih merata.
 
Ketiga, lakukan tidur dengan posisi badan miring ke kanan atau ke kiri apabila tidak sanggup tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini disebut dengan posisi proning. Letakan bantal di tiga titik seperti kepala, pinggang, dan diantara kaki. Posisi tersebut juga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki oksigenasi di dalam paru.
 
Keempat, posisikan badan duduk yang disanggah dengan bantal (tidur setengah duduk). Bantal bisa ditumpuk sampai dengan tiga bantal. Lakukanlah selama tiga puluh menit.
 
Kelima, apabila cara-cara di atas masih belum berhasil mengembalikan saturasi oksigen, maka pasien harus mengupayakan untuk menggunakan tabung oksigen.
 
Terakhir, segera bawa pasien untuk dirujuk ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat guna penanganan lebih lanjut. Perlu diingat, tips-tips di atas diharapkan dapat membantu pasien yang menderita sesak napas akibat terinfeksi Covid-19 dan tidak menyebabkan kepanikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro