Vaksin Moderna
Health

Nakes Bakal Disuntik Vaksin Ketiga Moderna, Ini Efikasi dan Efek Sampingnya

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 9 Juli 2021 - 17:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan tenaga kesehatan akan disuntikkan vaksin covid-19 dosis ketiga pada pekan depan.

Penyuntikkan ketiga atau booster ini dilakukan untuk menekan risiko paparan covid-19 yang saat ini sangat tinggi akibat varian delta.

Menurut Menkes, suntik booster itu akan dilakukan mulai pekan depan. Adapun vaksin yang digunakan adalah vaksin moderna.

“Vaksinasi ketiga hanya diberikan kepada nakes, karena mereka yang setiap hari bertemu dengan virus Corona, mereka harus dilindungi mati-matian,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Jumat (9/7/2021).

Berdasarkan bukti uji klinis, pada orang berusia 18 tahun ke atas, vaksin Moderna 94,1% efektif mencegah infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi laboratorium pada orang yang menerima dua dosis dan tidak memiliki bukti terinfeksi sebelumnya.

Vaksin ini juga sangat efektif dalam uji klinis untuk mencegah COVID-19 di antara orang-orang dari berbagai kategori usia, jenis kelamin, ras, dan etnis dan di antara orang-orang dengan kondisi medis yang mendasarinya.

Vaksin moderna menggunakan metode mRNA dimana membuat protein yang akan memicu respons imun tanpa menggunakan virus hidup penyebab COVID-19. Setelah dipicu, tubuh kita kemudian membuat antibodi. Antibodi ini membantu kita melawan infeksi jika virus yang sebenarnya masuk ke tubuh kita di masa depan.

'RNA' adalah singkatan dari asam ribonukleat, yang merupakan molekul yang menyediakan sel dengan instruksi untuk membuat protein. Vaksin Messenger RNA (mRNA) berisi instruksi genetik untuk membuat protein lonjakan SARS-CoV-2, yang ditemukan di permukaan virus penyebab COVID-19.

Ketika seseorang diberi vaksin, sel mereka akan membaca instruksi genetik seperti resep dan menghasilkan protein lonjakan. Setelah potongan protein dibuat, sel memecah instruksi dan membuangnya.

Sel kemudian menampilkan potongan protein di permukaannya. Sistem kekebalan tubuh kita mengenali bahwa protein tidak seharusnya ada di sana dan mulai membangun respons kekebalan dan membuat antibodi.

Kemungkinan Efek Samping

Di lengan tempat Anda mendapatkan suntikan:

Rasa sakit
Kemerahan
Pembengkakan

Di seluruh tubuh Anda:

kelelahan
Sakit kepala
Nyeri otot
Panas dingin
Demam
Mual

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro