Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penyebab Sering Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya

Mimpi buruk atau menakutkan dapat sering terjadi di segala usia atau pada seseorang yang terkait dengan kecemasan atau mengalami peristiwa menakutkan di masa lalu.
Sartika Nuralifah
Sartika Nuralifah - Bisnis.com 09 Juli 2021  |  20:14 WIB
Penyebab Sering Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi - Brazenwoman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda sering mengalami mimpi buruk yang membuat Anda tidak bisa tidur sepanjang malam?

Banyak orang mengatakan bahwa hanya kaum muda yang rentan terhadap mimpi. Mimpi buruk atau menakutkan dapat sering terjadi di segala usia atau pada seseorang yang terkait dengan kecemasan atau mengalami peristiwa menakutkan di masa lalu.

Jika mimpi buruk ini begitu umum maka Anda pasti menderita gangguan mimpi buruk karena penyebab tertentu.

Berikut adalah hal yang harus Anda ketahui terkait penyebab mimpi buruk sebelum berkembang menjadi masalah serius.

1. Stress

Jika Anda tidak bahagia, tegang atau cemas dalam kehidupan sehari-hari Anda, itu dapat secara signifikan memicu mimpi buruk karena kondisi kesehatan mental Anda yang tidak seimbang. Seseorang dengan stres kronis lebih mungkin untuk mengembangkan gangguan mimpi buruk.

2. Obat-obatan

Tentu saja obat-obatan dapat sangat mempengaruhi reaksi di otak Anda yang dapat mengakibatkan mimpi buruk. Pil tekanan darah, antidepresan, dan obat penyakit Alzheimer, umumnya terkait dengan penyebab mimpi buruk.

3. Trauma atau masa lalu yang menyakitkan

Ketika seseorang mengalami pengalaman yang menyedihkan dalam hidup seperti cedera parah, pelecehan fisik atau seksual, atau peristiwa traumatis lainnya, tentu mempengaruhi kesehatan mental, yang kemudian mengarah pada mimpi buruk dari peristiwa menakutkan tersebut. Psikiater juga mengaitkan mimpi buruk sebagai salah satu gejala gangguan stres pascatrauma yang menyebabkan kurang tidur karena mimpi buruk yang membatu.

4. Film atau buku horor

Film horor, buku, atau pertunjukan menegangkan sebelum tidur dapat membuat Anda mengalami mimpi buruk. Itu bisa membuat Anda merasa takut, sementara memikirkan dan membayangkan kembali adegan-adegan mengerikan dari pertunjukan semacam itu dapat menimbulkan beberapa mimpi buruk yang menyeramkan.

5. Belum selesai tidur

Rutinitas tidur yang tidak tepat dapat menimbulkan mimpi buruk. Jika Anda memutuskan untuk tidak memikirkan aspek tertentu, otak akan terus menghasilkan pikiran yang terkait dengannya, sehingga beberapa pikiran yang tidak diinginkan dapat menyebabkan mimpi buruk kronis disertai dengan kegelisahan dan kelelahan. Cobalah menanamkan ritual meditasi sebelum tidur untuk menyingkirkan masalah mimpi buruk yang umum ini.

Jika Anda sering mengalami mimpi buruk ini hal yang bisa Anda lakukan:

1. Siklus tidur yang seimbang

Rahasia untuk menghindari mimpi buruk adalah tetap pada rutinitas tidur yang seimbang. Coba sertakan praktik kebersihan seperti mandi dan menyikat gigi sebelum tidur, untuk menenangkan dan merilekskan tubuh Anda untuk bersiap-siap tidur nyenyak. Pastikan Anda menghindari aktivitas yang tidak perlu seperti pesta menonton film di malam hari. Kebiasaan tidur lebih awal dapat dengan murah hati mengurangi masalah terkait tidur Anda.

2. Bersantai dan bermeditasi sebelum tidur

Pastikan Anda menghilangkan stres sepanjang hari melalui meditasi dan yoga. Cobalah melakukan beberapa latihan pernapasan yang efektif untuk menenangkan tubuh dan menghilangkan stres. Ini adalah teknik terbaik untuk mengatur kesehatan mental Anda dan mengurangi mimpi buruk kronis.

3. Analisis obat Anda atau obat yang diresepkan

Seperti dijelaskan di atas, jika Anda sedang dalam meditasi atau obat-obatan tertentu, cobalah menganalisis jumlah atau obat apa yang menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk yang mengerikan. Oleh karena itu, carilah bantuan dari dokter Anda dan jika mungkin hindari atau temukan pengganti obat tersebut dengan efek samping yang tidak diinginkan.

4. Hindari mengkonsumsi konten horor

Mengapa menonton atau membaca apa pun yang memberi Anda getaran atau ketakutan negatif? Hindari hal-hal yang tidak perlu seperti film menakutkan atau membaca buku yang mengganggu. Hal ini tentu dapat mengakibatkan mimpi buruk, sekaligus membuat Anda terjaga sepanjang malam.

5. Berkomunikasi dengan orang-orang terdekat Anda

Untuk meredakan kecemasan, berbagi atau berbicara adalah teknik terbaik untuk meredakannya atau mencari bantuan. Cobalah berbicara dengan teman, orang tua, kakek-nenek atau siapa pun tentang peristiwa masa lalu yang mengganggu atau menghantui Anda. Mereka mungkin dengan bijaksana memberi Anda ide untuk mengatasinya, sambil menghibur Anda untuk pindah dari masa lalu yang mengerikan itu. Anda dapat berbicara atau bahkan menulis untuk mengeluarkannya dari pikiran Anda untuk mengatasi mimpi buruk dan stres dengan cara yang positif.

6. Perawatan kesehatan mental

Sangat penting untuk menyembuhkan kondisi kesehatan mental Anda yang lemah. Temui dokter untuk mencari bantuan jika terjadi stres, kecemasan, depresi, atau PTSD. Ini secara otomatis akan membantu dalam penyelesaian pikiran dan sensasi yang memicu mimpi buruk. Carilah bantuan terapi seperti; terapi bicara, terapi latihan gambar, perawatan mimpi jernih, hipnosis, dan relaksasi otot dalam yang progresif untuk secara drastis meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

horor makna mimpi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top