Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Aplikasi di Android dan iPhone, Cek Saturasi Oksigen Saat Isoman

Pengguna android dan iPhone bisa menggunakan aplikasi oximeter untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 12 Juli 2021  |  10:12 WIB
Ini 5 Aplikasi di Android dan iPhone, Cek Saturasi Oksigen Saat Isoman
Cara menggunakan aplikasi oximeter di HP android dan iPhone. - tangkapan layar aplikasi Oxymeter Pulse Monitor
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri atau isoman, wajib memiliki oximeter untuk mengukur kadar oksigen dalam dalam.

Namun, pandemi membuat harga oximeter naik 3 kali lipat. Jangan khawatir, bagi Anda yang sedang isoman bisa mencoba beberapa aplikasi untuk mengukur saturasi oksigen.

Bagi pasien yang melakukan isoman, wajib memperhatikan kadar saturasi oksigen. Dengan melihat saturasi oksigen, pasien akan mengetahui kadar oksigen di dalam tubuhnya.

Umumnya, untuk mengukur saturasi oksigen menggunakan alat yang bernama oximeter. Jika Anda tidak memilikinya, ada cara lain dengan menggunakan ponsel menjadi sensor oksigen. Anda bisa memanfaatkan ponsel Android Anda yang tersedia di Play Store untuk mengukur tingkat saturasi oksigen dalam tubuh.

Dilansir dari laman resmi fossbytes.com, Senin (12/7/2021), berikut 5 aplikasi Android untuk mengukur saturasi oksigen:

1. Blood Oxygen App

Aplikasi ini digunakan untuk mengetahui saturasi oksigen dan detak jantung Anda. Blood Oxygen App adalah aplikasi gratis dan tidak terdapat iklan di dalamnya.

Untuk pemantauan SpO2, aplikasi ini akan meminta pengguna untuk memeriksa pola pernapasan melalui fungsi start/stop. Anda dapat langsung menggunakan aplikasi Blood Oxygen tanpa harus melakukan pendaftaran. Aplikasi ini harus digunakan untuk referensi pribadi saja.

aplikasi android cek saturasi oksigen blood oxygen

2. CarePlix Vitals

Aplikasi ini dikembangkan oleh startup yang berbasis di Kolkata dan tidak dikenakan biaya. Aplikasi CarePlix Vitals dapat digunakan untuk mengukur kadar SpO2 dalam darah, detak jantung, dan laju pernapasan.

Aplikasi rintisan CareNow Healthcare dipercaya dapat mengukur satuan oksigen seseorang. Saat dilakukan uji coba antara hasil aplikasi dan hasil oximeter, ditemukan aplikasi ini menunjukkan hasil yang cukup akurat selama setiap pengujian. Cara menggunakannya dengan senter belakang ponsel untuk mendeteksi level SpO2.

3. Pulse Monitor - Beat & Oxygen

Aplikasi Android lainnya adalah Pulse Monitor - Beat & Oxygen yang mendeteksi kadar SpO2 dan detak jantung. Secara otomatis menyimpan data yang dikumpul dalam buku harian digital, sehingga Anda dapat mengetahui kadar oksigen dari waktu ke waktu.

4. Aplikasi MFine

Aplikasi ini aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat mengetahui kadar oksigen dalam tubuh. Aplikasi MFine dilengkapi dengan pemeriksaan SpO2 terintegrasi dan masih dalam versi beta.

Untuk cara menggunakannya, aplikasi ini memanfaatkan kamera ponsel dan juga cahaya senter. Pada saat dilakukan pengujian antara hasil MFine dengan hasil oximeter, ditemukan hasil yang mendekati keduanya meski sudah dilakukan pengujian berulang.

5. Pulse Oximeter Tracker

Aplikasi selanjutnya adalah Pulse Oximeter Tracker yang digunakan untuk melacak kadar SpO2 dan detak jantung. Anda dapat menambahkan data saturasi darah beserta tanggal dan waktu.

Aplikasi ini hanya memungkinkan pengguna untuk melacak data yang direkam secara teratur dan tidak untuk memantau kadar oksigen. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, pengguna harus menambahkan data ke platform secara manual dalam tampilan statistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi oksigen Covid-19 isolasi mandiri
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top