Apple Watch 2/gsmarena
Fashion

Benarkah Gadget Pintar dapat Membantu Mendeteksi Gejala Covid-19?

Ni Luh Anggela
Kamis, 15 Juli 2021 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Satu dari lima orang Amerika menggunakan Fitbit, Apple Watch, atau pelacak kebugaran lainnya yang dapat dikenakan.

Dan selama setahun terakhir, beberapa penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dapat terus mengumpulkan data tentang detak jantung, suhu tubuh, aktivitas fisik, dan banyak lagi ini dapat membantu mendeteksi tanda-tanda awal gejala Covid-19.
 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dapat dikenakan ini juga dapat membantu melacak pemulihan pasien dari penyakit, memberikan wawasan tentang efek jangka panjangnya.
 
Melansir The New York Times, Kamis (15/7/2021), dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada bulan Juli di jurnal JAMA Network Open, para peneliti yang mempelajari data Fitbit melaporkan bahwa orang yang dites positif Covid-19 menunjukkan perubahan perilaku dan fisiologis, termasuk peningkatan detak jantung, yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Peneliti menemukan, gejala-gejala ini berlangsung lebih lama pada orang dengan Covid daripada mereka yang memiliki penyakit pernapasan lainnya.
 
Dr Robert Hirten, ahli gastroenterologi dan ahli perangkat yang dapat dikenakan di Icahn School of Medicine di Mount Sinai yang tidak terlibat dalam penelitian baru tersebut mengatakan ini adalah studi yang menarik, dan menurutnya ini penting.
 
 “Perangkat yang dapat dikenakan menawarkan kemampuan bagi kita untuk dapat memantau orang secara diam-diam dalam jangka waktu yang lama untuk melihat, secara objektif, bagaimana sebenarnya virus itu memengaruhi mereka?” kata dr Robert.
 
Hasilnya berasal dari uji coba Digital Engagement and Tracking for Early Control and Treatment (Detect) yang dijalankan oleh para ilmuwan di Scripps Research Translational Institute di La Jolla, California. Dari 25 Maret 2020 hingga 24 Januari 2021, lebih dari 37.000 orang terdaftar dalam uji coba.
 
Peserta mengunduh aplikasi penelitian MyDataHelps dan setuju untuk membagikan data dari Fitbit, Apple Watch, atau perangkat yang dapat dikenakan lainnya. Mereka juga menggunakan aplikasi untuk melaporkan gejala penyakit dan hasil tes Covid-19.
 
Pada bulan Oktober, para peneliti yang sama melaporkan di Nature Medicine bahwa ketika mereka menggabungkan data yang dapat dikenakan dengan gejala yang dilaporkan sendiri, mereka dapat mendeteksi kasus Covid-19 lebih akurat daripada ketika mereka menganalisis gejala saja.
 
Tetapi para peneliti menyadari, data juga dapat membantu mereka melacak apa yang terjadi pada orang-orang setelah penyakit terburuk berlalu. Orang yang pulih dari Covid telah melaporkan berbagai efek kesehatan yang bertahan lama, termasuk kelelahan, "kabut otak", sesak napas, sakit kepala, depresi, jantung berdebar, dan nyeri dada. (Efek yang bertahan ini sering dikenal sebagai long Covid)
 
Studi baru ini berfokus pada subset dari 875 peserta yang memakai Fitbit yang melaporkan demam, batuk, nyeri tubuh, atau gejala penyakit pernapasan lainnya dan diuji untuk Covid-19. Dari jumlah tersebut, 234 orang dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut. Sisanya diduga memiliki jenis infeksi lain.
 
Peserta di kedua kelompok tidur lebih banyak dan berjalan lebih sedikit setelah mereka sakit, dan detak jantung istirahat mereka meningkat. Tetapi perubahan ini lebih terasa pada orang dengan Covid-19. “Ada perubahan yang jauh lebih besar dalam detak jantung istirahat untuk individu yang memiliki Covid dibandingkan dengan infeksi virus lainnya,” kata Jennifer Radin, peneliti kesehatan masyarakat di Scripps yang memimpin uji coba Detect. “Kami juga memiliki perubahan yang jauh lebih drastis dalam langkah dan tidur.”
 
Para ilmuwan juga menemukan bahwa sekitar sembilan hari setelah peserta dengan Covid pertama kali mulai melaporkan gejala, detak jantung mereka turun. Setelah penurunan ini, yang tidak diamati pada mereka dengan penyakit lain, detak jantung mereka naik lagi dan tetap tinggi selama berbulan-bulan. Butuh 79 hari, rata-rata, agar detak jantung istirahat mereka kembali normal, dibandingkan dengan hanya empat hari bagi mereka yang berada di kelompok non-Covid.
 
Peningkatan detak jantung yang berkepanjangan ini mungkin merupakan tanda bahwa Covid-19 mengganggu sistem saraf otonom, yang mengatur proses fisiologis dasar. Jantung berdebar dan pusing yang dilaporkan banyak orang yang baru sembuh dari Covid mungkin merupakan gejala gangguan ini.
 
“Banyak orang yang terkena Covid akhirnya mengalami disfungsi otonom dan semacam peradangan berkelanjutan, dan ini dapat berdampak buruk pada kemampuan tubuh mereka untuk mengatur denyut nadi mereka,” kata Radin.
 
Radin dan rekan-rekannya menemukan, tingkat tidur dan aktivitas fisik juga kembali ke awal lebih lambat pada mereka dengan Covid-19 dibandingkan dengan mereka yang memiliki penyakit lain.
 
Para peneliti mengidentifikasi sebagian kecil orang dengan Covid yang detak jantungnya tetap lebih dari lima detak per menit di atas normal satu hingga dua bulan setelah infeksi. Hampir 14 persen dari mereka yang menderita penyakit ini termasuk dalam kategori ini, dan detak jantung mereka tidak kembali normal selama rata-rata lebih dari 133 hari.
 
Para peserta ini juga secara signifikan lebih mungkin melaporkan mengalami batuk, sesak napas, dan nyeri tubuh selama fase akut penyakit mereka daripada pasien Covid lainnya.
 
Salah satu keterbatasan penelitian ini adalah tidak meminta peserta untuk terus melaporkan gejala mereka dalam beberapa minggu dan bulan setelah mereka pertama kali jatuh sakit. Tetapi para ilmuwan berencana untuk meminta sukarelawan untuk melakukan itu dalam penelitian masa depan.
 
“Kami ingin melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengumpulkan gejala jangka panjang sehingga kami dapat membandingkan perubahan fisiologis yang kami lihat dengan gejala yang sebenarnya dialami peserta,” kata Radin. “Jadi ini benar-benar studi pendahuluan yang membuka banyak studi lain di masa depan.”
 
Pada bulan Februari, National Institutes of Health mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan US$ 1,15 miliar (sekitar Rp16 triliun) selama empat tahun ke depan untuk mendanai penelitian tentang long Covid. Studi baru menyoroti peran yang dapat dimainkan perangkat yang dapat dikenakan dalam penelitian itu, Hirten mengatakan, menggabungkan teknik semacam ini dengan penelitian lain yang sedang dilakukan untuk melihat masalah gejala jangka panjang ini benar-benar dapat menawarkan wawasan objektif yang bagus tentang apa yang terjadi dengan orang-orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro