Ilustrasi/Reuters
Fashion

Ternyata Ini yang Membuat Banyak Saintis Lebih Memilih Berkarir di Luar Negeri

Dewi Andriani
Senin, 19 Juli 2021 - 01:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia mesti menghadapi kenyataan sebagian talenta terbaiknya di berbagai bidang, termasuk teknologi informasi berpeluang lebih memilih mengembangkan karir di luar negeri.

Indri Juwita Asmara, Peneliti Kebijakan IPTEK dan Inovasi LIPI mengatakan pada beberapa literatur ada sejumlah faktor yang melatarbelakangi terjadinya intellectual migration antara lain, pendapatan yang lebih tinggi diperoleh di luar negeri, lebih banyak kesempatan kerja, kondisi kerja yang lebih baik, standar hidup yang lebih tinggi dan kualitas hidup yang lebih baik serta fasilitas R&D yang lebih mendukung di luar negeri.

Indri sendiri bersama tim pernah melakukan penelitian mengenai saintis diaspora. Dari penelitian tersebut ditemukan adanya dua faktor utama yang mempengaruhi fenomena tersebut.

Antara lain daya tarik (kenyamanan, kualitas hidup yang lebih baik, dan fasilitas yang mendukung aktivitas riset) dan kesempatan untuk menjadi saintis diaspora di luar negeri terbuka melalui kompetisi global yang berdasarkan pada prestasi kerja.

Kedua, pandangan terhadap keadaaan di Indonesia yang turut mempengaruhi keputusan saintis diaspora untuk berkerja di luar negeri seperti rasa khawatir, kekecewaan pada sistem, birokrasi panjang dan berbelit, serta perasaan kurang dihargai oleh negara sendiri.

"Sebanyak 60% saintis diaspora menyetujui bahwa rasa kurang dihargai membuat saintis memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Ketersediaan bidang ilmu yang diinginkan, kelengkapan keperluan riset, ilmu yang lebih luas dalam bidang yang diinginkan, serta pendanaan riset merupakan cerminan fasilitas yang tersedia di luar negeri," ujarnya.

Pada umumnya negara tujuan saintis adalah negara maju dengan tingkat pendanaan riset yang tinggi dan dibutuhkan langsung oleh industri, seperti Amerika, Inggris, Jerman, Jepang, Australia dan Singapura.

"Walaupun ada beberapa faktor pendorong yang kuat untuk bekerja di luar negeri, tetapi keinginan untuk kembali ke Indonesia sebetulnya tetap ada," ujarnya.

Ada beberapa hal yang menurutnya masih menjadi pekerjaan rumah bersama yakni bagaimana pemerintah melalui lembaga litbang, perguruan tinggi, dan swasta (terutama industri) mampu menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang baik.

Misalnya dengan kebijakan yang lebih baik dan diikuti komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan peran saintis diaspora Indonesia sehingga dapat menjadi bagian dalam pembangunan.

Lebih lanjut Indri mengatakan bahwa fenomena yang terjadi saat ini sebetulnya bukan sekadar kehilangan atau mendapatkan kembali tetapi bagaimana agar talenta terbaik Indonesia ini tetap dapat berkontribusi dimanapun berada, fenomena ini disebut dengan Brain Circulation.

Hal ini yang terjadi dengan keterlibatan engineer dari Cina dan India di Sillicon Valey, Amerika Serikat (29% bisnis teknologi di Sillicon Valley dijalankan oleh engineer dari Cina dan India).

Di India intellectual migration berkontribusi pada reputasi Bangalore sebagai '' Sillicon valley nya India'' dan pengembangan Nanocity.

Taiwan yang mendirikan Hsinchu science industrial park di Taipei, sebagai pusat pengembangan teknologi tinggi seperti industri semikonduktor, komputer, telekomunikasi, dan optoelektronik, telah beroperasi di industrial park itu.

Sebagian besar perusahaan ini didirikan oleh Tionghoa Taiwan yang berpendidikan dan bekerja di Sektor IT di AS dan negara maju lainnya.

"Dari sini kita bisa melihat bahwa konsep "brain drain" dimana intellectual migration hanya menguntungkan satu negara saja dengan mengorbankan negara asal tidak lagi relevan dan tergantikan oleh konsep Brain Circulation yang menguntungkan kedua belah pihak negara asal maupun negara host," tuturnya.

Di sinilah dia melihat bahwa keberadaan saintis diaspora di luar negeri dapat berperan sebagai anchor/agen yang membuka jalan dalam perkembangan iptek dan inovasi di Indonesia. Misalnya melalui pertukaran mahasiswa/saintis, mahasiswa PhD dan post doc, visiting professor dan kolaborasi riset hingga pengembangan startup.

"Hal ini lah yang dapat memberi ruang bagi pemerintah dan swasta di dalam negeri untuk dapat meningkatkan peran diaspora di dalam negeri," tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro