Traveling. /Bloomberg
Travel

Terinfeksi Covid-19 Saat Traveling? Ini Hal Penting yang Harus Anda Lakukan

Sartika Nuralifah
Senin, 19 Juli 2021 - 20:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak vaksin covid-19 tersedia, banyak negara yang telah membuka perbatasan mereka.

Orang yang ingin traveling pun mulai berkunjung untuk wisata. Tapi, masih banyak yang menutup perbatasannya karena tingginya kasus.

Ketika pandemi masih mengancam, risiko terinfeksi saat traveling masih sangat tinggi. Jadi, bagaimana jika Anda positif Covid saat sampai ke destinasi yang Anda tuju?

Hal pertama yang harus Anda ingat adalah sangat penting untuk bertanggung jawab dan melakukan segala kemungkinan untuk menghindari penyebarannya.

Anda harus bertindak cepat untuk menyelamatkan orang lain dari penularan.

Berikut tips yang dapat membantu Anda kembali ke jalur semula dengan rencana perjalanan yang lebih cepat dilansir dari Healthline :

1. Lakukan perhitungan

Jika hasil tes Anda positif, Anda mungkin dapat mengetahui kapan Anda tertular berdasarkan waktu tes sebelumnya dan aktivitas terakhir Anda.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, orang tanpa gejala dapat menghentikan isolasi 10 hari setelah dites positif. Tetap saja, dimungkinkan untuk dites positif di luar periode itu, bahkan jika Anda tidak lagi dapat menularkan virus.

Jika itu masalahnya, Anda mungkin perlu bersiap untuk tinggal di tempat Anda berada untuk jangka waktu yang lebih lama, tergantung pada batasan negara tempat Anda berada.

2. Jadwalkan ulang penerbangan pulang Anda

Anda dapat menjadwalkan ulang penerbangan pulang Anda berdasarkan perkiraan tentang kapan Anda tertular virus dan kapan Anda kemungkinan akan dites negatif. Biasanya akan lebih baik jika Anda melakukan ini melalui telepon, sehingga agen dapat membantu Anda dengan perbedaan tarif dan biaya perubahan.

3. Pesan akomodasi yang sesuai

Temukan tempat tinggal selama masa isolasi Anda. Anda memerlukan akomodasi di mana Anda tidak perlu pergi untuk makan, minum, menggunakan kamar kecil, atau apa pun.

Carilah tempat yang memiliki dapur kecil, staff 24 jam, restoran, toko serba ada di tempat atau di dekatnya.

Pilih kamar dengan dapur kecil, sehingga Anda memiliki kemampuan untuk mendinginkan makanan dan memasak. Pastikan untuk memberi tahu staf bahwa kamar Anda tidak perlu diservis dan gunakan indikator "jangan ganggu" jika tersedia, sehingga staff tidak masuk.

4. Pesan tes COVID-19 Anda berikutnya

Sekarang setelah Anda memesan penerbangan dan tempat menginap, Anda perlu menjadwalkan tes COVID-19 lainnya.

Pastikan tes ini sepuluh hari atau lebih setelah tes positif pertama Anda, selain itu lakukan tes lagi 72 jam sebelum pulang ke negara Anda. Jika memungkinkan, gunakan layanan home service pemeriksaan. Dengan cara ini, Anda tidak akan mengekspos orang lain ke virus. Kemungkinan akan ada biaya tambahan.

5. Buat catatan, dan sering-seringlah memeriksanya.

Akan ada banyak hal yang harus diperhatikan selama periode ini. Perhatikan tanggal dan waktu tes Anda

berapa lama hasil tes Anda valid di negara asal Anda, waktu check-out untuk akomodasi Anda, waktu check-in untuk penerbangan Anda, detail lain yang diperlukan, seperti jadwal kereta atau bus, setelah Anda menetap di kamar Anda, rencana makan. Jika anggaran Anda terbatas, cobalah untuk merencanakan makanan yang menggunakan bahan-bahan yang sama. Misalnya, jika Anda menyukai telur untuk sarapan dan Anda harus membeli selusin.

6. Pesan bahan makanan dan perlengkapan yang diperlukan

Setelah Anda membuat daftar belanjaan, lakukan pemesanan untuk pengiriman atau tanyakan kepada staf akomodasi apakah mereka dapat membantu Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

Jangan lupa sertakan vitamin dan suplemen, seperti vitamin C, obat-obatan yang diperlukan, thermometer.

Anda mungkin merasa baik-baik saja, tetapi tidak ada yang tahu bagaimana hasil tes positif itu akan memengaruhi kesehatan mental Anda. Cek suhu tubuh Anda dan konsumsi suplemen setiap hari dapat sangat membantu. Jika Anda mengalami gejala, pastikan untuk tetap terhidrasi.

7. Beritahu seseorang

Jika Anda dinyatakan positif COVID-19, kemungkinan Anda stres, merasa sakit, jauh dari rumah, dan memiliki detail logistik untuk dikerjakan. Anda mungkin tidak ingin mengumumkan di media sosial Anda bahwa Anda telah dites positif atau terpapar COVID-19, tetapi Anda pasti harus memberi tahu orang yang Anda cintai yang tepercaya tentang apa yang terjadi.

8. Meminta bantuan

Mungkin saat yang tepat untuk menjadwalkan beberapa sesi telehealth tambahan dengan terapis Anda juga. Lakukan sesuatu yang baik untuk dirimu sendiri. Terjebak di kamar yang bahkan bukan di rumah Anda sendiri dalam keadaan stres mungkin bukan liburan yang Anda pikirkan.

9.  Buatlah perencanaan

Tes positif COVID-19 adalah kejutan yang tidak diinginkan dalam keadaan apa pun. Sebelum Anda meninggalkan rumah, pastikan untuk menganggarkan biaya untuk kejadian tak terduga. Bersiaplah untuk membayar beberapa malam tambahan dan tes COVID-19 tambahan.

Jika hasil tes Anda positif, buatlah rencana yang diperlukan untuk memastikan bahwa hari-hari berikutnya berjalan semulus mungkin. Tetap tenang, buat daftar tugas Anda selangkah demi selangkah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro