Ilustrasi batuk
Health

Cara Pulihkan Batuk Kering dan Berdahak Pasca Covid-19

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 26 Juli 2021 - 11:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perjuangan para penyitas Covid-19 tidak berhenti sampai dinyatakan sembuh.

Ternyata meskipun telah sembuh, penyintas Covid-19 masih dapat terus mengalami efek penyakit yang berkepanjangan. Selain itu, tidak ada jaminan berapa lama kekebalan dari antibodi bertahan.

Oleh karena itu masih ada kasus dimana pasien telah terinfeksi ulang.

Saat pasca pemulihan Covid-19 penyintas covid-19 juga masih bisa mengalami batuk kering atau batuk basah.

Dilansir dari timesofindia, Senin (26/7/2021) menurut CDC pasien dengan infeksi Covid-19 ringan hingga sedang sembuh dalam 10 hari. Pasien dengan penyakit parah dan kritis membutuhkan waktu hingga 20 hari untuk pulih.

Namun itu semua tergantung pada kerusakan yang terjadi pada paru-paru dan jaringan. Dan akan lebih lama bagi mereka yang telah menderita penyakit kronis sebelum Covid-19.

Berikut cara memulihkan batuk kering dan batuk basah pasca pemulihan Covid-19:

1. Lanjutkan isolasi diri

Anda mungkin tidak sabar untuk kembali ke rutinitas harian, tetapi tubuh masih rentan terhadap penyakit atau infeksi lain. Bahkan jika tidak ada seorang pun di keluarga yang sakit, mereka mungkin pembawa dan dapat menginfeksi Anda.

Anda mungkin juga dapat terinfeksi ulang. Konsultasikan dengan dokter tentang berapa lama Anda perlu mengisolasi diri. Harus terus melakukan isolasi diri agar pulih dari Covid-19 untuk mengobati batuk kering atau basah yang Anda alami.

Anda harus mengisolasi diri untuk melindungi diri dari penyakit lain yang bisa tumbuh lebih rentan terhadap penyakit. Jika Anda mengalami batuk berat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk obat apa pun yang Anda konsumsi.

2. Banyak tidur

Manfaatkan kesempatan ini untuk beristirahat lebih lama sebelum kembali ke rutinitas sekolah, rumah, pekerjaan kantor sebelumnya. Jika Anda mengalami dahak yang banyak di tenggorokan, tidurlah dengan posisi menyamping ke tubuh agar mengeluarkan dahak. Jangan tidur telentang.

3. Latihan pernapasan

Pasien Covid-19 memiliki masalah pernapasan selama pasca pemulihan. Untuk memulihkannya, cobalah latihan pernapasan. Lakukan 5 detik untuk menarik napas dan 10 detik untuk menghembuskan napas. Fokuslah pada pernapasan sehingga dapat menjaga hidung dan tenggorokan bersih dari dahak.

4. Tetap terhidrasi

Tenggorokan masih akan terasa penuh dengan dahak saat batuk. Dan dahak itu bisa sangat tidak nyaman. Penting untuk tetap terhidrasi. Minumlah air hangat, sup, teh herbal, untuk membantu mengencerkan dahak.

5. Olahraga teratur

Meskipun tubuh lemah dan merasa lelah, olahraga sangat penting untuk mengembalikan diri ke rutinitas harian . Mulailah dengan rutinitas olahraga kecil dan ringan dan perlahan-lahan tingkatkan. Bergerak dapat memungkinkan fungsi paru-paru memudahkan meludahkan dahak.

6. Waspadai tanda-tanda yang mengkhawatirkan

Jika Anda terus-menerus mengalami kelelahan, sakit kepala berlebihan, atau gejala lainnya, segera hubungi dokter. Mereka mungkin merekomendasikan beberapa tes seperti tes antibodi IgG, hitung darah lengkap (CBC) dan tes kolesterol. Tes ini dilakukan untuk memeriksa kesehatan dalam kasus tertular infeksi lain atau infeksi ulang Covid-19.

7. Konsultasikan dengan dokter

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang batuk. Dan juga bertanya kepada mereka tentang resep obat yang dapat konsumsi untuk menyembuhkan batuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro