Jahe memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk menyembuhkan batuk/Tamara
Health

Simak 5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Batuk Kering dan Batuk Berdahak

Redaksi
Senin, 5 Agustus 2024 - 15:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Secara turun-temurun, masyarakat telah membuat obat pereda penyakit di rumah. Salah satu obat yang paling umum dibuat sendiri adalah obat batuk alami. 

Selain bahannya mudah didapatkan, obat batuk alami juga seringkali efektif untuk meredakan sakit. Dilansir dari Saude dan Verywell, Senin (5/8/2024), batuk kering dan batuk berdahak bisa disembuhkan dengan beberapa bahan alami.

Walaupun demikian, Kemenkes melalu situs HelloSehat mengingatkan bahwa obat-obatan alami hanya dapat meringankan gejala batuk. 

Hal ini yang membedakan obat tradisional dengan obat medis. Obat medis dapat menyembuhkan penyebab batuk secara langsung, seperti membasmi virus di tenggorokan. Kemenkes menyarankan, jika batuk tidak sembuh setelah minum obat alami, datanglah ke dokter untuk mendapat obat medis.

Simak 5 ramuan obat batuk alami yang dapat Anda buat di rumah:

1. Jeruk nipis dan kecap/madu

Ramuan jeruk nipis kecap sangat populer bagi ibu rumah tangga Indonesia untuk mengobati batuk anak.

Menurut Kemenkes, sebetulnya tidak ada khasiat meredakan batuk dari kecap manis. Kecap manis hanya digunakan untuk menyeimbangkan rasa asam jeruk nipis. Alternatif kecap manis yang baik adalah madu, yang memiliki khasiat antibakteri. 

Jeruk nipis sendiri mengandung minyak atsiri yang dapat melemaskan otot saluran pernapasan. Selain itu, antioksidan dan antimikroba dapat menangkal tubuh dari radikal bebas serta mempercepat pemulihan radang tenggorokan.

Untuk membuat obat ini, Anda dapat mencampurkan setengah hingga 1 buah perasan jeruk nipis dengan kecap atau madu secukupnya. Aduk hingga rata, lalu konsumsi sebanyak 1 sendok makan.

2. Teh jeruk nipis dan madu

Penelitian menunjukkan bahwa selain bersifat antibakteri, madu juga dapat mempercepat sembuhnya infeksi dan radang. 

Anda dapat menuangkan 2 sendok makan madu ke dalam teh atau air panas. Setelah diaduk rata, masukkan 100 ml air perasan jeruk nipis.

Minumlah ketika teh/air masih hangat, agar efeknya terasa. Anda disarankan untuk konsumsi teh ini sebanyak 1–2 kali sehari, apabila Anda masih terus batuk.

3. Sirup wortel dan lemon

Ramuan ini cocok bagi Anda yang merasa lemas akibat batuk berdahak terus-menerus.

Wortel memiliki sifat ekspektoran dan antioksidan. Ekspektoran dapat membersihkan lendir di tenggorokan, dan antioksidan dapat melawan radikal bebas yang mengganggu sel tubuh Anda.

Sementara itu, tingkat vitamin C yang tinggi pada lemon dapat membantu Anda merasa lebih bugar. 

Letakkan wortel yang telah dipotong tipis-tipis ke dalam wadah kaca. Tambahkan perasan lemon, madu, dan gula, kemudian aduk hingga tercampur. Tutup dengan rapat dan biarkan proses perendaman seharian pada suhu ruangan.

Minumlah satu sendok teh setiap harinya, tetapi anak di bawah 2 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi ini. Jika Anda punya iritasi usus besar, ramuan ini juga tidak direkomendasikan.

4. Ramuan kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang memiliki khasiat antiinflamasi dan antioksidan, sempurna untuk meredakan radang.

Biasanya, kunyit dapat direbus dan ditambahkan madu serta lada hitam. Terdengar unik, tetapi lada hitam sebetulnya dapat membuat tubuh Anda lebih mudah menerima khasiat dari kunyit.

Bubuk kunyit juga dapat ditambah ke susu hangat, atau ditambahkan pada air garam untuk dikumur-kumur.

5. Air lemon jahe

Jahe dapat meredakan batuk sekaligus radang tenggorokan. Seperti wortel, jahe berfungsi mengurangi lendir-lendir di saluran pernapasan. Maka, ramuan ini cocok untuk obat batuk berdahak.

Masukkan 1 irisan tipis/parutan jahe pada 250 ml air panas. Masukkan 1 sendok makan madu, aduk rata, dan tambahkan 1 sendok makan perasan lemon.

Selain itu, uap dari mesin nebulizer yang dicampur jahe murni dapat menenangkan saluran pernapasan, terutama meredakan batuk kering akibat asma. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro