Vaksin Covid-19. /ANTARA
Health

Simak! 7 Tips Turunkan Tekanan Darah

Rika Anggraeni
Senin, 26 Juli 2021 - 13:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kelompok komorbid diperbolehkan untuk menerima vaksin Covid-19, salah satunya penderita hipertensi atau darah tinggi.

Apabila penderita hipertensi memiliki tekanan darah di atas 180/110 MmHg, maka tidak diperbolehkan untuk divaksin.

Syarat ini tertuang dalam surat edaran No. HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas Covid-19, serta Sasaran Tunda.

Tingginya tekanan darah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti lanjut usia, keturunan, jarang berolahraga, obesitas, pola hidup tidak sehat, hingga stres.

Untuk menurunkan tekanan darah, maka seseorang perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Melansir dari Alo Dokter, Senin (26/7/2021), berikut 7 tips untuk menurunkan tekanan darah:

  1. Kurangi berat badan

Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras dan menimbulkan hipertensi. Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, Anda disarankan untuk menurunkan badan hingga mencapai berat badan ideal.

  1. Pola makan sehat

Berikutnya, Anda harus mengatur pola makan yang lebih sehat dengan mengonsumsi buah, produk olahan susu rendah lemak, biji-bijian, dan mengurangi lemak jenuh.

Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Kalium merupakan salah satu nutrisi yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi, seperti pisang, jeruk, anggur, kentang, wortel, dan bayam.

  1. Kurangi garam

Garam banyak tersaji di olahan masakan, camilan, hingga makanan kaleng. Penderita hipertensi dianjurkan mengurangi garam atau menjalani diet rendah garam.

  1. Rutin berolahraga

Anda perlu berolahraga rutin selama 30-60 menit sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Apabila Anda rutin berolahraga, maka tekanan darah turun sebanyak 5-8 mmHg. Anda bisa melakukan jogging, jalan kaki, bersepeda, senam, dan berenang.

  1. Kurangi stres

Anda disarankan untuk mengendalikan stress supaya tekanan darah menurun. Ada cara untuk mengendalikan stres, dengan cara melakukan yoga, relaksasi, hingga meditasi.

  1. Berhenti merokok dan alkohol

Rokok dan alkohol merupakan kebiasaan buruk dan menyebabkan risiko penyakit. Banyak kasus mengalami komplikasi hipertensi karena terlalu sering mengonsumsi rokok. Untuk itu, Anda perlu berhenti dari dua kebiasaan buruk ini.

  1. Konsumsi obat-obatan

Selain itu, menurunkan tekanan darah juga dibutuhkan obat-obatan antihipertensi. Cara ini dilakukan apabila 6 cara di atas tidak berhasil menurunkan tekanan darah lebih dari 6 bulan.

Namun, perlu diingat Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro