Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Hal yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi 

Bagi kamu yang sedang di rumah aja selama pandemi, maka jangan sia-siakan kondisi ini untuk upgrade kemampuanmu.
Meuthia Novianthree Nafasya
Meuthia Novianthree Nafasya - Bisnis.com 26 Juli 2021  |  12:32 WIB
10 Hal yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi 
Saat WFH, seorang pegawai sedang belajar meningkatkan keterampilan berbahasa. - Biznet

Bisnis.com, JAKARTA -  Presiden Republik Indonesia, Jokowi (26/07) telah mengumumkan bahwa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Untuk Mendukung kebijakan pemerintah, masyarakat diharapkan dapat mematuhinya dengan tetap melakukan aktivitas di dalam rumah. 

Hampir di seluruh dunia, orang-orang juga diperintahkan untuk tetap tinggal berada di dalam rumah. Jika Anda merupakan seseorang yang terbiasa melakukan banyak aktivitas di rumah mungkin kebijakan ini akan membuat frustasi. 

Namun, ada begitu banyak cara untuk mengisi waktu Anda selama masa PPKM, seperti yang dilansir dari topuniversities.com berikut 10 hal yang dapat dilakukan di rumah selama pandemi: 

1. Belajar Bahasa 

Selama di rumah, Anda dapat memulai hobi baru yakni belajar bahasa asing misalnya bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Kini sudah tersedia banyak aplikasi yang menyediakan layanan belajar bahasa seperti duolingo. Anda juga dapat belajar bahasa dengan cara menarik misalnya dengan menonton film. 

2. Atur Catatan Anda 

Aktivitas ini mungkin akan melelahkan bagi sebagian orang, namun sangat bermanfaat untuk menghabiskan waktu dengan hal yang baik. Catatan sekolah, kuliah atau lainnya pun akan terlihat rapi dan nyaman untuk dibaca kembali. 

3. Mulai Sebuah Tantangan Membaca 

Jika Anda adalah tipe seseorang yang akan berkembang apabila memiliki target, tantangan membaca buku menjadi salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan asupan sastra Anda. Saat ini, buku bacaan banyak yang tersedia secara daring dan gratis untuk dibaca. 

4. Lakukan Work-out 

 Banyak orang yang mengabaikan olahraga karena dianggap melelahkan. Namun, nyatanya hal ini sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap bergerak dan sehat. Banyak olahraga ringan yang dapat dilakukan dengan berbagai macam tutorial yang dapat diakses di kanal Youtube. 

5. Belajar Memasak 

Memasak bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu yang bermanfaat selama di rumah saja. Bagi kalian yang masih belum bisa memasak, dapat belajar cara memasak secara mendasar terlebih dahulu dengan tutorial yang ada di Youtube. Untuk kalian yang sudah bisa memasak, Anda dapat mengeksplorasi berbagai masakan menjadi menu baru. 

6. Atur Keuangan Anda 

Mengingat Anda dimungkinkan tidak akan menghabiskan uang dalam waktu dekat selama di rumah, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengatur keuangan Anda. Apa pun dapat Anda lakukan misalnya mengatur keuangan untuk masa depan. 

7. Tetap Aktif Bersosialisasi 

Anda yang tinggal bersama keluarga, teman, atau bahkan sendiri sangat penting untuk tetap berhubungan dengan orang lain. Hal ini dilakukan untuk mengurangi perasaan Anda yang kesepian. Jika Anda merupakan seorang pelajar atau mahasiswa buatlah sebuah grup obrolan daring untuk belajar atau hanya sekedar memiliki kesamaan hobi dan minat. 

8. Mengikuti Tur Museum Virtual 

Selama pandemi banyak industri yang menciptakan inovasi baru, salah satunya museum yang mengadakan pameran secara virtual. Banyak museum populer di dunia yang dapat dikunjungi secara virtual melalui Google Arts & Culture. Anda yang mengikuti tidak akan mengantri atau berdesak-desakan dengan pecinta seni lainnya. 

9. Mengunjungi Keajaiban Dunia 

Anda pasti sangat merindukan keluar rumah untuk berlibur atau hanya sekedar berjalan-jalan. Bagi Anda yang ingin berkelana keliling dunia dengan menikmati beberapa Landmark paling menakjubkan dapat mengunjungi The Guardian atau situs lainnya yang menampilkan keindahan dunia. 

10. Menjadi Volunteer 

Meskipun diharuskan berada di dalam rumah, Anda tetap dapat membantu orang dari jarak jauh. Ada banyak komunitas yang membuka lowongan untuk menjadi volunteer atau relawan. Walaupun di rumah Anda tetap dapat melakukan kebaikan dengan cara yang aman, tidak menyebarkan virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona memasak Covid-19 pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top