Adapto
Health

Ruangguru Luncurkan Fitur Video Belajar Adaptif

Mia Chitra Dinisari
Senin, 26 Juli 2021 - 17:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menyambut tahun ajaran baru, Ruangguru meluncurkan Adapto, sebuah fitur baru yang memungkinkan siswa untuk memiliki pengalaman belajar online terpersonalisasi dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan interaksi belajar layaknya memiliki guru privat sendiri.

Terintegrasi di dalam video belajar Ruangguru, Adapto menjadi video belajar adaptif pertama di Indonesia yang saat ini tersedia bagi siswa SMP dan SMA, dan dapat dinikmati langsung dari aplikasi Ruangguru.

Cara kerjanya berasal dari video belajar yang ditonton oleh siswa akan disesuaikan secara otomatis berdasarkan pilihan jawaban yang diambil oleh siswa selama belajar. Misalnya, di tengah video belajar, guru akan mengecek pemahaman siswa dengan memberikan opsi “Paham” dan “Bingung”.

Jika siswa memilih opsi “Paham”, maka guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya. Namun apabila siswa memilih “Bingung”, maka guru akan  akan mengulang kembali penjelasan materi yang belum dipahami. Fitur Adapto juga dapat mengukur kemampuan siswa melalui kuis di tengah video belajar. Ketika jawaban siswa salah, secara otomatis guru akan menjelaskan jawaban yang benar dan memperbaiki pemahaman siswa. Selain itu, siswa juga dapat memilih apakah ingin dijelaskan secara cepat atau mendetail, tergantung kebutuhan dan gaya belajarnya.

“Setiap siswa memiliki pola, ritme dan peta belajarnya masing-masing. Adapto akan menyesuaikan proses belajar siswa selama belajar online secara otomatis. Penyesuaian dibuat berdasarkan pilihan jawaban kuis yang dipilih oleh siswa saat belajar dan saat guru memeriksa pemahaman siswa. Proses materi belajar selanjutnya, akan disesuaikan berdasarkan pemahaman yang dimiliki siswa di setiap tahap. Sehingga, setiap siswa dapat memiliki alur dan ritme belajar yang berbeda-beda, tergantung pemahaman dan kebutuhan mereka”, ujar Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru dalam keterangan tertulisnya.

“Kami menyadari bahwa setiap siswa memiliki kecepatan belajar dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Selama belajar jarak jauh dari rumah, interaksi belajar siswa telah jauh berkurang. Hasilnya, banyak siswa yang merasa kurang paham dan kesulitan dalam mengejar ketertinggalan. Dengan fitur belajar Adapto, pemahaman siswa akan lebih terukur. Karena penjelasan akan disesuaikan dengan pemahaman siswa," tambah Belva.

Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruanggurumenjelaskan proses di balik layar pengembangan fitur Adapto, melibatkan tahapan yang sangat rumit. Untuk setiap satu video belajar yang dibuat, ratusan guru dan ahli di berbagai bidang harus memikirkan berbagai kemungkinan peta jalan belajar siswa, sehingga harapannya pengalaman belajar bisa menjadi lebih personal menyesuaikan dengan gaya dan pemahaman masing-masing siswa.

Inovasi semacam Adapto adalah yang pertama di Indonesia dan merupakan inovasi revolusioner di dunia pendidikan. Harapannya, lewat inovasi ini, pembelajaran siswa dapat jauh lebih personal, menyesuaikan dengan gaya dan pemahaman setiap siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro