Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Resign dari Pekerjaan

Berikut 5 hal yang perlu dipertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk berhenti (resign) dari pekerjaan sehingga Anda dapat menemukan peluang yang baik
Meuthia Novianthree Nafasya
Meuthia Novianthree Nafasya - Bisnis.com 30 Juli 2021  |  18:29 WIB
Ilustrasi menemui HRD untuk mengundurkan diri (resign) dari pekerjaan - Redbookmag
Ilustrasi menemui HRD untuk mengundurkan diri (resign) dari pekerjaan - Redbookmag

Bisnis.com, JAKARTA - Seseorang yang sedang mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan atau resign harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan keputusan tersebut. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19. 

Melansir dari Forbes, Amerika Serikat mencatat rekor bahwa ada 4 juta orang berhenti dari pekerjaan mereka pada bulan April. Sementara itu, di bulan Mei tercatat adanya pelonjakan yang tinggi yakni 9.2 juta lowongan pekerjaan.

Sebelum menyerahkan surat pengunduran diri, pastikan Anda telah memiliki rencana untuk kedepannya. Sering kali orang berpikir mencari pekerja hanya membutuhkan waktu dalam hitungan minggu, nyatanya mungkin akan memakan waktu hingga hitungan bulan paling cepat.

Berikut 5 hal yang perlu dipertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan sehingga Anda dapat menemukan peluang yang baik, dilansir dari Forbes pada Jumat (30/7/2021).

1. Pastikan Anda Sudah Tidak Ada Pilihan Internal
Jika Anda menikmati pekerjaan saat ini namun ada memiliki keinginan untuk bekerja jarak jauh, Anda dapat menegosiasikan pengaturan kerja dengan atasan untuk bekerja dari rumah secara tetap. Agar hal tersebut diizinkan, tunjukkan produktivitas Anda kepada atasan.

“Banyak karyawan yang telah melakukan remote selama lebih dari 14 bulan, jadi dengan menunjukkan seberapa baik kerja seseorang akan membantu mereka ketenangan,” lata Rhiannon Staples, CMO dari Hibob.

2. Buat Deskripsi Pekerjaan Ideal Anda
Jangan memulai pencarian pekerjaan Anda dengan memperbaharui resume atau profil pada Linkedin. Pencarian pekerjaan yang strategis dan sukses selalu dimulai dengan tujuan akhir dalam pekerjaan. Sebelum berhenti dari pekerjaan Anda, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya.

Buatlah sebuah tulisan deskripsi pekerjaan yang menurut Anda ideal untuk diri sendiri. Bayangkan kehidupan yang Anda inginkan dan pikirkan kegiatan yang Anda sukai dan kuasai. Setelah itu, Anda akan siap untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan visi yang dibuat.

3. Dokumentasikan Pencapaian Anda
Banyak karyawan yang tidak mendokumentasikan pencapaian mereka selama berada di perusahaan. Pada saat itu mungkin Anda tidak akan mudah untuk mengingat semua pencapaian yang telah dicapai. Jadi, pastikan untuk melacak kesuksesan Anda selama bekerja.

4. Minta Rekomendasi
Rekomendasi merupakan bagian penting dari setiap pencarian pekerjaan. Mintalah rekomendasi sebelum berhenti dari pekerjaan Anda. Idealnya, Anda akan mendekati seseorang yang paham dengan pekerjaan Anda yang mungkin akan memberikan rekomendasi pekerjaan kepada Anda.

5. Tinggalkan Perusahaan dengan Baik
Cara yang baik adalah memberikan pemberitahuan setidaknya dua minggu sebelum Anda berhenti. Namun, akan lebih baik jika Anda telah merencanakan untuk pergi lebih awal. Hal itu dilakukan untuk memberi Anda waktu untuk memutuskan bagaimana Anda ingin keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur pekerjaan karier
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top