Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Makanan yang Harus Dimakan Mentah, dan Manfaatnya

Ada sejumlah makanan yang sebaiknya dimakan mentah agar tetap sehat dan tidak menghilangkan nutrisi di dalamnya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Agustus 2021  |  09:26 WIB
7 Makanan yang Harus Dimakan Mentah, dan Manfaatnya
Bawang putih - boldsky.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar makanan dikonsumsi setelah diolah atau dimasak.

Tapi, ada sebagian makanan yang lebih baik dan menyehatkan jika dimakan mentah. Pola makanan mentah ini adalah konsep yang sangat mirip dengan veganisme.

Biasanya sebagian besar terdiri dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan biji-bijian tumbuh.

Kenapa dianggap menyehatkan? karena makanan mentah bebas dari minyak, karena tidak dimasak dan karenanya rendah kalori.

Selain itu, mengekspos makanan tertentu ke panas tinggi mengurangi kandungan nutrisi dan jumlah antioksidan yang ada di dalamnya.

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya Anda makan mentah agar lebih sehat seperti dilansir dari Times of India

1. Bawang merah

Bawang mungkin merupakan sayuran yang paling banyak digunakan di rumah tangga. Umumnya bawang menjadi side dish seperti bawang goreng, tumisan dan bumbu dasar.

Tapi makan bawang mentah dalam salad sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Bawang mengandung sejumlah antioksidan yang baik untuk hati.

Ini juga mengandung senyawa yang disebut Allicin, yang membuat bawang memiliki bau yang khas. Ketika dimakan mentah, Allicin dalam bawang membantu mencegah penyakit jantung, meningkatkan kepadatan tulang dan juga menurunkan tekanan darah.

2. Bit

Bit adalah sayuran kaya zat besi yang paling baik dikonsumsi dalam bentuk salad atau jus. Anda juga dapat mencampur bit dengan buncis rebus untuk menyiapkan hummus bit dan menikmatinya dengan nacho, keripik atau roti pita.

Bit membantu menurunkan tekanan darah dan juga memberi Anda dorongan energi sebelum berolahraga.

3. Kecambah

Kecambah yang terbuat dari kacang-kacangan atau polong-polongan meningkatkan nilai gizinya dari semua nutrisi berkali-kali lipat. Dan jika dikonsumsi mentah, seseorang dapat memperoleh manfaat luar biasa dari Vitamin C.

Kecambah juga tinggi Vitamin B yang bisa hilang jika dimasak. Oleh karena itu, mengkonsumsi kecambah mentah (yang kaya akan beberapa vitamin b dan c) adalah pilihan yang baik jika dikonsumsi saat masih mentah.

4. Tomat

Tomat mungkin merupakan bagian dari makanan kita sehari-hari, karena kita mengonsumsinya dalam berbagai cara yang berbeda.

Tomat lebih baik bila dimakan mentah, termasuk dalam salad.

5. Bawang Putih

Makan bawang putih mentah mungkin tampak menjijikkan, tetapi ia menawarkan sejumlah manfaat bagi tubuh Anda.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa makan bawang putih di pagi hari dengan memotongmenjadi potongan-potongan kecil, beri beberapa tetes madu di atasnya dan kunyah sebentar sebelum meneguknya dengan satu atau dua teguk air.

Bawang putih mentah memiliki manfaat obat dan mengkonsumsinya dua kali atau lebih dalam seminggu mengurangi risiko terkena kanker paru-paru. Bawang putih mentah bekerja sebagai anti-inflamasi, meningkatkan kekebalan Anda dan juga mengontrol tekanan darah.

6. Kacang

Kacang panggang, asin atau manis mungkin terasa lezat, tetapi makan kacang mentah adalah alternatif yang jauh lebih sehat.

Penambahan garam atau gula pada kacang panggang juga meningkatkan kandungan kalori kacang. Dari kacang almond dan kenari hingga kacang mete dan pistachio, ada sejumlah kacang yang enak sekaligus sehat. Memanggang kacang atau pada dasarnya mengeksposnya ke panas dapat mengurangi kandungan antioksidan dan vitaminnya, oleh karena itu, paling baik dikonsumsi mentah.

7. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat yang harus Anda sertakan dalam diet harian Anda. Brokoli sarat dengan antioksidan, vitamin C, kalsium, kalium, dan protein. Sayuran berwarna hijau tua ini juga mengandung sulforaphane, senyawa yang membantu melawan sel kanker. Ini bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk salad Anda untuk meningkatkan kecerdasan kesehatan. Jika mau, Anda bisa menumis brokoli dengan ringan selama satu atau dua menit, tetapi hindari memasaknya terlalu lama. Tetapi sangat penting untuk merebusnya dalam air asin sebelum dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bawang merah mentah makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top