Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wah, Olah Raga Angkat Beban di Usia 30 Tahun Bisa Cegah Osteoporosis Lho

Ada ttujuh alasan perlunya mengangkat beban bagi Anda yang berusia 30-an.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 02 Agustus 2021  |  16:30 WIB
Angkat beban - Istimewa
Angkat beban - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Membentuk lebih banyak otot tanpa lemak bisa menjadi salah satu alasan seseorang untuk menekuni olahraga mengangkat beban. Kuncinya adalah otot lean.
 
Ada banyak kesalahpahaman seputar penambahan otot, atau kadang disebut sebagai bulking.
 
Menambahkan otot lean berarti membangun otot tanpa menambah lemak, dan mungkin dapat mengurangi lemak. Kebanyakan orang berpikir bahwa dalam proses penambahan otot, Anda juga akan menambahkan beberapa lemak ekstra (menjadikan Anda tampak besar) dan menambah berat badan Anda.
 
“Logikanya masuk akal jika Anda ingin membentuk otot, makan lebih banyak makanan akan membantu Anda mendekati tujuan itu,” kata dr Raymond Gardinier, DPT dari Lean Body & Fitness Friends.
 
Dia menambahkan, masuk akal juga bahwa untuk mendapatkan otot besar, Anda mengangkat beban lebih berat dan semakin banyak Anda berolahraga, semakin besar otot Anda.
 
Tetapi, disinilah orang salah paham. Inilah yang menyebabkan penampilan Anda menjadi besar dan otot serta sendi Anda rusak dan nyeri.
 
Kuncinya adalah makan-makanan yang tepat pada waktu yang tepat dan dalam proporsi (makro) yang tepat. Latihan  beban tubuh sudah cukup, jika dilakukan dengan benar.
 
“Ketika Anda melakukan hal-hal ini seperti yang seharusnya, dan Anda menambahkan sedikit otot lean, Anda mengubah tubuh Anda menjadi mesin pembakar lemak,” kata dr Raymond.
 
Oleh karena itu, dr Raymond melalui laman Instagramnya @dr.raymondgardinier, Senin (2/8/2021), membagikan tujuh alasan perlunya mengangkat beban bagi Anda yang berusia 30-an. Anda hanya membutuhkan dua buah barbell atau dumbbell di rumah untuk melakukan angkat beban.
 
1. Massa otot

Massa otot berkurang 3 hingga 8 persen per dekade setelah Anda mencapai usia 30 tahun. Semakin tua Anda, semakin cepat hal ini terjadi.
 
2. Kekuatan

Penurunan massa otot, saraf, dan sinyal yang dikirim dari saraf ke otot dapat menurunkan kekuatan Anda.
 
3. Kekakuan

Gerak adalah lotion. Otot yang lemah berarti lebih banyak stres melalui persendian - menyebabkan persendian Anda menjadi kaku.
 
4. Cedera

Penurunan kekuatan, koordinasi, dan waktu reaksi meningkatkan risiko cedera (jatuh).
 
5. Lemak tubuh

Peningkatan massa lemak tubuh sering terlihat dengan hilangnya massa otot karena peningkatan insiden resistensi insulin.
 
6. Kepadatan tulang

Massa tulang mulai berkurang pada usia 30 tahun. Peningkatan otot membantu mempertahankan tingkat aktivitas fisik - mengurangi pengeroposan tulang.
 
7. Fungsi

Jika Anda tidak menggunakannya, Anda akan kehilangannya. Semakin kurang aktif Anda, semakin banyak massa dan kekuatan otot yang Anda hilangkan – bahkan kehilangan fungsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olah raga beban osteoporosis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top