Modul healthy aging FKUI
Health

IMERI FKUI dan Nutricia Luncurkan Modul Healthy Aging

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 2 Agustus 2021 - 19:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Saat ini, Indonesia mulai memasuki periode aging population, dimana terjadi peningkatan struktur penduduk lansia.

Peningkatan populasi usia senior ini patut menjadi perhatian tenaga kesehatan, mengingat pertambahan usia berkaitan dengan morbiditas dan penyakit pada lansia.

Namun, pemahaman dan pengetahuan dokter umum terhadap konsep healthy aging masih belum optimal.

Untuk itu, IMERI FKUI dan Danone Indonesia melalui PT. Nutricia Indonesia Sejahtera meluncurkan Modul yang berjudul Healthy Aging Module as a Prevention Strategy for Non-Communicable Diseases in Elderly Population.

Modul ini berisi materi pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi dokter dan tenaga kesehatan yang berperan dalam memberikan edukasi dan tata laksana pada pasien usia lanjut. Khususnya untuk menghadapi pasien berusia 45 tahun ke atas, di rumah sakit dan institusi pelayanan kesehatan.

Ketua Tim Penusun Healthy Aging Module, dr. Agian Jeffilano Barinda, Ph.D menjelaskan jika tenaga kesehatan memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat agar dapat mengantisipasi tantangan kesehatan pada masyarakat berusia 45 tahun ke atas.

Oleh karena itu, Module Healthy Aging disusun sebagai panduan pembelajaran untuk berjalan di platform daring Massive Open Online Course (MOOC). Modul tersebut telah disiapkan oleh Klaster Center of E-Learning IMERI FKUI agar dapat memfasilitasi pelaksanaan pelatihan modul Healthy Aging.

"Dengan begitu dapat menjangkau secara luas para dokter dan tenaga kesehatan di seluruh wilayah Indonesia,"
ujarnya pada keterangan resmi yang diterima bisnis, Senin (2/7/2021)

Selain meningkatkan kesadan masyarakat dan pengetahuan tenaga kesehatan, kolaborasi multisektor antara tenaga kesehatan, masyarakat, keluarga dan pihak swasta juga penting untuk dilaksanakan.

Dengan adanya kolaborasi multisektor, diharapakan dapat mendorong populasi pre-senior dan senior untuk mempersiapkan berbagai upaya agar bisa agar masyarakat dapat tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Modul Healthy Aging telah disusun secara komprehensif dengan melibatkan kontributor yang kredibel dari berbagai disiplin ilmu yang akan mengupas topik aging mulai dari proses penuaan.

Juga ada informasi berbagai penyakit yang umum ditemui pada lansia beserta faktor risiko dan tatalaksana, hingga peran aktivitas fisik, nutrisi, maupun dukungan sosial bagi lansia. Modul ini disusun agar dapat diakses secara self-paced, dengan mengikuti waktu dan ritme pembelajaran yang nyaman bagi para dokter dan tenaga kesehatan.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian modul, para dokter dan tenaga kesehatan akan diminta untuk merefleksikan pengalamannya dalam melakukan tatalaksana pada pasien lansia dan kemudian dapat mengunduh sertifikat yang sudah terakreditasi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro