Ilustrasi diet untuk penderita diabetes/Hipvie
Health

6 Tips Mengontrol Diabetes agar Sehat dan Panjang Umur

Anissa Putri
Kamis, 5 Agustus 2021 - 17:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Diabetes merupakan penyakit yang ditandai oleh kadar glukosa atau gula darah yang melebihi nilai normal secara beberapa tahun. Simak 6 tips mengontrol diabetes agar tubuh tetap sehat dan panjang umur.

Selain itu, diabetes muncul karena tubuh kurang bahkan tidak memproduksi insulin yang berfungsi memasukkan glukosa ke dalam sel-sel tubuh, terutama hati dan otot.

Penyakit diabetes patut diwaspadai, karena dapat menimbulkan komplikasi berbahaya apabila tidak segera ditolong atau dibiarkan tanpa adanya penanganan.

Melansir dari english.lokmat.com, berikut 6 tips mengontrol diabetes untuk membuat tubuh Anda sehat, panjang umur, meminimalkan kemungkinan terjadinya komplikasi di masa depan.

1. Pola Hidup Sehat
Sangat penting untuk menjaga tubuh agar selalu sehat dan dapat membantu mengontrol diabetes agar dapat selalu terkendali. Pastikan tidak ada jeda lebih dari empat sampai lima jam antara waktu makan utama Anda.

Selain itu, cobalah makan sesuatu setiap dua setengah hingga tiga jam untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Produk biji-bijian olahan seperti mie, nasi putih, dan roti putih cenderung meningkatkan kadar gula darah, jadi hindari menambahkannya ke dalam makanan Anda. Coba ganti dengan makanan indeks glikemik (GI) rendah seperti gandum, beras merah, gandum dan lainnya.

2. Latihan Fisik
Latihan fisik dapat membantu menjaga kadar gula darah, jadi cobalah untuk membakar kalori dengan berolahraga setiap hari. Tetapi, selalu periksa kadar gula darah Anda sebelum dan sesudah berolahraga dan jika kadar gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, beri diri Anda istirahat dari berolahraga hari itu.

3. Konsumsi Obat
Jika Anda penderita diabetes, maka penting untuk mengkonsumsi obat Anda secara teratur karena jika tidak teratur dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan diabetes. Untuk menjaganya tetap terkendali, minum obat pada waktu yang tepat berarti lebih dari sekadar berolahraga dan makan sehat.

4. Jaga Berat Badan
Menjadi penderita diabetes, menjaga berat badan tetap terkendali merupakan sebuah kewajiban, karena jika tidak dijaga, obesitas juga dapat menyebabkan komplikasi. Cobalah untuk mengontrol berat badan Anda agar dapat menghindari kadar kolesterol pada tingkat tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

5. Kendalikan Kolesterol
Bagi penderita diabetes, disarankan untuk menjauhi diet yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans karena meningkatkan kolesterol LDL. Diabetes menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

6. Pemeriksaan Rutin
Jika Anda adalah pasien gula atau diabetes, maka glukometer harus menjadi alat favorit Anda. Pastikan Anda melakukan tes HbA1C (hemoglobin A1C) dua kali setahun atau setiap tiga bulan sekali, tergantung seberapa baik pengendalian dalam menjaga diabetes. Lakukan tes tingkat gula darah agar dapat menghitung apakah gula darah Anda tetap dalam kisaran normal yang disarankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro