Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Turunkan Berat Badan saat Pandemi

Kenaikan berat badan selama pandemi muncul melalui tambahan lemak perut, itu merupakan tanda bahwa kortisol, yaitu hormon stres.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 06 Agustus 2021  |  16:43 WIB
Ilustrasi - fitnessformen.co.id
Ilustrasi - fitnessformen.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika seseorang sedang mengalami di bawah tekanan seperti stres, maka itu akan memicu perubahan hormonal yang dapat mengganggu cara tubuh menggunakan kalori dan menyimpan lemak.

Apalagi di situasi pandemi saat ini, di mana seseorang berada di bawah tekanan konstan, maka tubuh mulai bergantung pada setiap kalori yang telah dikonsumsi. Selain itu, kelenjar adrenal menghasilkan hormon stres berlebih dan menciptakan ketidakseimbangan hormon lainnya.

Jika kenaikan berat badan seseorang selama pandemi muncul sebagai tambahan lemak perut, itu merupakan tanda bahwa kortisol, yaitu hormon stres utama sedang diproduksi pada tingkat yang lebih tinggi dari normal. Kortisol mempengaruhi distribusi lemak dengan menyebabkan lemak disimpan secara terpusat di sekitar organ di bagian tengah tubuh.

Melansir dari Women’s Health Network, Jumat (6/8/2021), berikut adalah 5 tips untuk menurunkan berat badan saat pandemi:

Makanan pelawan stres

Makanan pelawan stres sempurna untuk penurunan berat badan yang berkelanjutan karena dapat membentuk dasar dari diet rendah glikemik. Cobalah untuk memasukkan makanan favorit pelawan stres ini, seperti:

- Salmon tangkapan liar, makanan ini menyediakan protein untuk menstabilkan gula darah dan mengekang produksi kortisol yang berlebihan. Selain itu, salmon juga mengandung sejumlah Omega 3 yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan suasana dan kesejahteraan emosional.

- Sayuran hijau gelap menyediakan magnesium, mineral penting untuk mendukung kelenjar adrenal dalam mengatur kortisol dan menyeimbangkan hormon stres lainnya. Cobalah kale organik, bayam, dan sawi.

- Vitamin C, E, dan B5 masing-masing memainkan peran utama dalam mendukung respons stres yang sehat bagi tubuh Anda. Untuk vitamin C, cobalah jeruk dan apel, wortel, dan paprika merah dan oranye. Makanan kaya vitamin E termasuk alpukat, almond, dan asparagus. Untuk vitamin B5, siapkan telur, lentil, dan kacang polong.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres berat badan
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top