Pose yoga suryanamaskar/Istimewa
Relationship

3 Gaya Hidup Sehat yang dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 12 Agustus 2021 - 17:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Saat tubuh lemah, akan mudah terpapar racun seperti kuman dan bakteri yang menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Untuk itu, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh agar imunitas tubuh terjaga dan tidak mudah tertular penyakit ataupun terinfeksi virus dan bakteri.

Ada banyak cara untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian Anda. Salah satunya dengan teknik kesehatan dari India, ayurveda.

Berdasarkan tulisan dari Ahli gizi selebriti, Pooja Makhija yang dilansir dari indianexpress,Rabu(12/8/2021), dia menjelaskan jika Ayurveda dapat jadi solusi untuk mengatasi masalah kesehatan modern seperti kekebalan rendah, berat badan tidak sehat, diabetes, dan banyak lagi, melalui formulasi herbal dan makanan super yang dipimpin secara ilmiah.

Berikut panduan sederhana untuk menjaga imunitas tubuh dari ayurveda:

1. Pola Makan

Pertahanan alami tubuh pada gilirannya bergantung pada siklus konsumsi, penyerapan, pencernaan, dan sekresi yang efektif. Diet yang tidak sehat dapat mengganggu keseimbangan tubuh dan mudah terserang penyakit.

Untuk menghindarinya, selalu tingkatkan asupan makanan alami yang sehat seperti herbal organik dan makanan bergizi. Pastikan mengonsumsi tiga menu makanan utama yang bergizi setiap hari.

Kesalahpahaman yang populer adalah bahwa seseorang harus melewatkan makan untuk mempertahankan BMI yang sehat. Namun, justru sebaliknya. Tidak makan akan lebih berdampak buruk bagi tubuh.

Ketika kelaparan terlalu lama, metabolisme tubuh akan berjalan lebih lambat, dan Anda akan menginginkan lebih banyak makanan daripada yang biasanya. Anda bahkan berisiko mengalami masalah asam lambung.

2. Suplemen herbal

Awali hari Anda dengan segelas minuman sehat seperti jus tulsi-jahe, smoothie di siang hari yang terbuat dari brokoli, kangkung, bayam, wortel, dan jus lemon.

3. Jauhkan gaya hidup yang membuat stres

Selain mengonsumsi makanan yang tepat untuk menyehatkan tubuh, Anda juga harus menjalani pola hidup yang sehat, aktif, dan bebas stres. Saat stres, hipotalamus atau pusat kendali otak akan melepaskan hormon stres dalam tubuh yang merangsang beberapa respons tubuh lainnya seperti sakit kepala, kram otot, jantung berdebar dan banyak lagi.

Penyakit parah seperti tekanan darah tinggi, gangguan menstruasi, mulas juga bisa terjadi.

Lakukanlah meditasi dan yoga untuk memerangi stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro