Pankreas
Health

6 Tanda Kamu Mengalami Salah Satu Penyakit Paling Mematikan, Kanker Pankreas

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 13 Agustus 2021 - 18:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kanker pankreas adalah penyakit mematikan di mana sel-sel kanker terbentuk di jaringan organ. Kemudian menyebar ke organ vital manusia lainnya.

Pankreas terselip di belakang perut. oleh karena itu, pankreas adalah organ yang tidak mencolok yang tanpa lelah memproduksi enzim dan hormon penting yang dibutuhkan tubuh untuk pencernaan untuk mengatur gula darah.

Jika diketahui lebih awal, kanker pankreas dapat diobati. Tetapi sebagian besar kasus tidak terdiagnosis sampai terlambat. Sebagian besar karena tidak ada tes skrining awal yang dapat diandalkan. Dan ketika terjadi hal yang tidak beres, pankreas memiliki kecenderungan untuk berbisik, bukan berteriak. Jadi sulit dikenali dan diketahui cepat. Hal ini membuat masalah penentuan menjadi sangat menantang, terutama ketika berhubungan dengan kanker pankreas.

Dilansir dari eatthis, Jumat (13/8/2021) ada berbagai bentuk pengobatan yang efektif untuk kanker mematikan ini. Yaitu dengan pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, terapi target atau imunoterapi.

Menurut American Cancer Society, untuk semua tahap kanker pankreas digabungkan, tingkat kelangsungan hidup relatif satu tahun adalah 20%, dan tingkat lima tahun adalah 7%.

Menemukannya lebih awal adalah kunci pemulihannya.

Berikut tanda-tanda yang harus di waspadai sebagai peringatan kanker pankreas :

1. Mual dan Muntah Setelah Makan Makanan Berlemak

Jika Anda berulang kali mengalami mual dan muntah, terutama setelah makan makanan berlemak seperti kentang goreng, pizza, atau bahkan alpukat, itu mungkin pertanda ada yang tidak beres dengan pankreas Anda.

Gejala kanker pankreas dapat muncul ketika tekanan dari kista pankreas atau tumor tumbuh di perut atau usus kecil. Itu menyebabkan penyumbatan pada saluran pencernaan. Saat pertumbuhan menjadi lebih besar, itu sebenarnya dapat menyebabkan penyumbatan parsial dengan melilit di sekitar ujung perut. Selain itu, pankreas menghasilkan enzim pencernaan yang membantu sistem memecah lemak.

Penyakit yang mempengaruhi pankreas cenderung mengacaukan kemampuan tubuh dalam mencerna lemak sehingga menyebabkan mual dan kemungkinan muntah. Namun, timbulnya gejala-gejala secara tiba-tiba lebih mungkin mengindikasikan pankreatitis atau peradangan pankreas.

Ada banyak sekali penyebab sakit perut, jadi jangan cepat-cepat mengambil kesimpulan. Jika mual atau muntah setelah makan berlanjut, pastikan untuk menemui dokter sehingga dapat mengetahui apa yang terjadi.

2. Kulit dan Mata Terlihat Kuning

Penyakit kuning adalah menguningnya kulit dan mata yang terjadi ketika bilirubin, komponen empedu menumpuk di dalam darah. Bilirubin dibuat oleh hati sebagai produk pemecahan sel darah merah tua dan biasanya dikeluarkan dari tubuh ketika kantong empedu melepaskan empedu. Empedu mengalir dari kantong empedu melalui saluran empedu dan melewati pankreas.

Tetapi jika saluran empedu tersumbat, penyakit kuning dapat terjadi. Penyakit kuning bisa menjadi tanda kanker pankreas jika tumor tumbuh di kepala pankreas. Itu karena timor menghalangi saluran empedu dan aliran empedu. Mereka mungkin menyakitkan, tetapi batu empedu lebih mungkin menyebabkan penyakit kuning pada orang dewasa daripada kanker pankreas. Turunkan risiko batu empedu dengan mengikuti rencana makan sehat dan berolahraga secara teratur.

3. Kotoran Nampak Aneh

Jika kotoran tampak aneh, itu mungkin pertanda penyakit pankreas. Kotoran tampak berminyak atau mengambang, itu karena lemak makanan yang tidak dipecah oleh tubuh. Dan untuk kotoran berbentuk pucat, itu karena bilirubin memberi warna coklat pada kotoran, tetapi ketika saluran empedu Anda tersumbat, warna itu berubah menjadi warna monokromatik abu-abu atau tanah liat.

4. Tiba-tiba Diabetes

Jika sudah makan makanan yang sehat, berat badan terkendali, tetapi didiagnosis menderita diabetes, mungkin perlu melihat lebih dekat pada pankreas. Ini benar terutama jika Anda berusia di atas 50 tahun dan memiliki BMI (indeks massa tubuh) rendah, tanpa riwayat keluarga diabetes.

Pankreas menghasilkan insulin, yang mengatur gula darah tubuh. Ketika pankreas diserang oleh tumor atau penyakit, sistem mulai gagal, dan dapat menjadi umum bagi orang untuk tiba-tiba mengembangkan diabetes tipe 2.

Hal yang sama berlaku jika telah menderita diabetes yang terkontrol dengan baik untuk sementara waktu dan tiba-tiba merasa sulit untuk mengelola penyakit tersebut. Pergeseran cepat dalam status diabetes tanpa alasan yang jelas dapat dikaitkan dengan kanker pankreas.

5. Berat Badan Tiba-tiba Turun

Anda mungkin sedang menjalani diet keto, tetapi jika Anda menurunkan berat badan (terlalu) dengan cepat, itu bisa jadi karena masalah pencernaan yang terkait dengan kanker pankreas atau gangguan pankreas lainnya. Penurunan berat badan dapat disebabkan oleh pencernaan yang tidak lengkap baik karena kanker atau akibat kanker itu sendiri. Penurunan berat badan yang tidak diinginkan adalah gejala umum dari kanker pankreas.

6. Mengalami Sakit Perut

Nyeri di perut atau punggung Anda adalah tanda peringatan umum kanker pankreas dan pankreatitis akut. Tetapi rasa sakitnya bermanifestasi berbeda untuk masing-masing. Rasa sakit yang menjalar ke punggung bagian tengah atau bawah, yang berlangsung selama berminggu-minggu, bisa menjadi tanda kanker pankreas.

The American Cancer Society berbagi bahwa jika tumor yang dimulai di tubuh atau ekor pankreas tumbuh menjadi agak besar, dapat menekan organ tetangga, menyebabkan rasa sakit. Terkadang, kanker pankreas dapat menyebar ke saraf yang mengelilingi pankreas yang dapat menyebabkan nyeri punggung.

Namun, jika rasa sakit datang tiba-tiba, terasa intens, dan sebagian besar di tengah perut Anda, dan kemungkinan besar itu adalah pankreatitis akut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro