Ilustrasi alat pompa ASI
Health

Panduan Aman Ibu Menyusui di Era Pandemi

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 13 Agustus 2021 - 17:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Merayakan Pekan Menyusui Sedunia 2021 lalu, Philips Avent mengadakan sesi edukasi untuk membantu orangtua baru menghadapi berbagai tantangan, terutama selama masa pandemi.

Presiden Direktur Philips Indonesia, Pim Preesman mengatakan jika membesarkan bayi di masa pandemi pastinya menghadirkan tantangan yang sulit.

"Oleh kerena itu Kami menyadari masalah ini dan berharap Philips Avent New Parents Class yang dipimpin oleh dokter spesialis anak dapat memberikan informasi yang sangat dibutuhkan,” ujarnya pada keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (13/8/2021).

Preesman menjelaskan jika Philips Avent menyediakan berbagai solusi untuk mendukung dan memudahkan orangtua dalam proses pemberian makan bayi. Dia dan tim ingin membantu orangtua untuk merasa percaya diri dalam menghadapi setiap tantangan dan menikmati momen-momen spesial dengan anak selama masa menyusui dan memberikan makan.

Di Indonesia, berdasarkan data Covid19.go.id, kasus positif Covid-19 pada anak usia 1-5 tahun mencapai 2,9%, dengan angka kematian 0,6%. Meskipun benar bahwa dalam banyak kasus penularan terjadi dalam klaster keluarga, ASI tidak pernah menjadi penyebab atau sumber penularan.

Dokter spesialis anak, dr. S.T. Andreas, mengukapkan jika ASI mengandung antibodi yang diperlukan untuk bayi. Jika ibu menyusui terinfeksi, bayi harus dirawat oleh anggota keluarga yang sehat, tetapi ibu tetap dapat memberikan ASI dengan memompa ASI jika kondisi fisik memungkinkan.

“ASI tidak membawa virus dari ibu yang terinfeksi. ASI hanya bisa terkontaminasi jika, selama proses menyusui atau memompa, ada droplet si ibu yang jatuh ke dalamnya atau mengenai si kecil,” paparnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa ibu yang terduga atau terkonfirmasi positif Covid-19 harus didorong untuk memulai atau melanjutkan menyusui.

dr. Andreas, membagikan tips aman agar ibu menyusui selama pandemi:

- Selalu mengikuti dan menerapkan standar protokol kesehatan di sekitar bayi.

- Jangan lupa untuk selalu memakai masker.

- Cuci tangan dan bersihkan puting sebelum menyusui atau memompa.

- Cuci dan sterilkan pompa ASI, botol atau peralatan sebelum dan sesudah digunakan.

Para ibu terduga atau terkonfirmasi Covid-19 memang memiliki tantangan yang lebih besar, tetapi ibu yang sehat juga terdampak oleh pandemi ini, terutama bagi ibu baru yang masih kurang berpengalaman. Ini dapat menjadi sumber stres baru bagi ibu menyusui, yang dapat memengaruhi produksi dan aliran ASI mereka.

“Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan orangtua adalah bagaimana menjaga agar ibu tetap bahagia. Lingkungan yang mendukung akan membantu mengurangi stres, memungkinkan ibu untuk terus menyusui dan merawat si kecil dengan lebih mudah," tutup Andreas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro