Ilustrasi lomba balap karung
Relationship

Beragam Lomba 17 Agustus dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 16 Agustus 2021 - 12:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Besok, Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan RI.

Itu artinya bakal ada banyak sekali acara yang terkait dengan 17an. Mulai dari syukuran (selamatan), peringatan detik-detik proklamasi dan upacara bendera, serta aneka perlombaan yang diselenggarakan untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia.

Meskipun perayaan itu saat ini dibatasi karena adanya pandemi. Tetapi tidak ada salahnya kita kenang kembali sejumlah lomba yang biasa diadakan di 17 Agustus ini.

Untuk kategori lomba agustusan biasanya terbagi menjadi tiga hingga empat kategori yaitu lomba untuk ibu-ibu, lomba untuk bapak-bapak, lomba untuk anak-anak dan lomba untuk balita. Gelak tawa selalu menghiasi acara lomba 17 agustusan.

Tahukah Anda? Ada segudang manfaat yang tersimpan di dalam berbagai macam perlombaan tradisional yang seru ini. Selain berdampak bagi kesehatan tubuh, perlombaan tradisional merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan (sebab, biasanya dilakukan secara beregu).

Ketika suasana hati senang, maka akan membuat pikiran Anda juga sehat dan hal tersebut merupakan salah satu cara agar Anda terhindar dari risiko penyakit mematikan seperti jantung, kanker, dan sebagainya. Apa lagi manfaat lainnya? Berikut dikutip dari akun facebook dinkes Jatim :

1. Tarik tambang

Tarik tambang adalah perlombaan yang dimainkan oleh dua regu dan biasanya menjadi salah satu perlombaan wajib pada perayaan hari kemerdekaan. Masing-masing regu berusaha untuk menarik tambang sekuat tenaga agar melewati garis pembatas.

Gerakan dalam tarik tambang ternyata sangat bermanfaat untuk melatih otot bahu Anda. Tidak hanya itu, melakukan olahraga tarik tambang juga berkhasiat untuk melatih otot tangan dan kaki Anda. Satu hal yang harus diingat, Anda dilarang untuk memaksakan kekuatan otot Anda ketika menarik tambang, karena jika Anda terlalu memaksakannya, bisa saja otot bahu dan lengan Anda terkilir.

2. Bakiak

Bergerak serentak dan beriringan adalah ciri khas dari permainan tradisional ini. Bakiak, sudah pasti juga menjadi salah satu permainan tradisional yang masuk ke dalam daftar perlombaan saat perayaan hari kemerdekaan. Jika Anda cermati, ternyata ada manfaat yang baik saat Anda melakukan permainan ini. Permainan ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi otak dan menciptakan mood yang lebih baik. Otak Anda harus fokus untuk dapat menerima instruksi dari anggota tim lain, dan secara bersama-sama menggerakan salah satu kaki.

Tentunya hal ini akan menjadi sulit jika Anda memiliki konsentrasi yang lemah. Permainan bakiak juga sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Karena selain menyenangkan, permainan ini dapat meningkatkan kekompakkan dalam jiwa mereka.

3. Balap karung

Balap karung juga merupakan salah satu permainan yang sering dijumpai dalam perayaan kemerdekaan Indonesia. Permainan yang mewajibkan Anda untuk masuk ke dalam karung, dan melompat dari satu sisi ke sisi lain menggunakan karung ini ternyata juga memiliki banyak manfaat. Balap karung sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah membakar kalori.

Selain itu, balap karung juga sangat baik untuk melatih otot lengan, bahu, dada serta betis. Manfaat lain dari balap karung adalah membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro