Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan dan Minuman yang Baik VS Buruk untuk Kesehatan Gigi

Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan meminum air sepanjang hari. Air putih akan membantu membilas asam manis dan menangkal penumpukan plak.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 23 Agustus 2021  |  13:44 WIB
Makanan dan Minuman yang Baik VS Buruk untuk Kesehatan Gigi
Ilustrasi permen
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa makanan dan minuman bisa merusak gigi jika tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik.

Bahkan, ada beberapa makanan dan minuman yang sangat jahat sehingga secara serius merusak gigi. Oleh karena itu, memastikan kebersihan mulut dan gigi sangat penting, terutama setelah konsumsi makanan dan minuman tersebut. Dan, jangan pernah mengkonsumsi secara berlebihan agar gigi selalu sehat dan kuat.

Dilansir dari eatthis, Senin (23/8/2021) berikut ini adalah makanan terburuk untuk kesehatan gigi

1. Permen

Konsentrasi gula yang tinggi dalam permen, terutama permen yang lengket atau asam berinteraksi dengan bakteri di dalam plak dan melepaskan asam keras yang merusak email. Hal ini menyebabkan gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Lebih buruk lagi, permen yang menempel di gigi dapat memperpanjang produksi asam. Asam tersebut akan meningkatkan risiko kerusakan gigi.

2. Roti

Roti juga penyebab kesehatan gigi karena air liur memecah pati roti menjadi gula. Gula tersebut memberi jalan bagi produksi asam yang merusak gigi. Pilihlah roti gandum yang memiliki sedikit gula sebagai alternatif.

3. Alkohol

Alkohol menyebabkan mulut kering karena kurangnya air liur untuk membersihkan rongga yang menyebabkan rasa asam manis yang tidak baik untuk gigi. Ingatlah untuk minum air putih saat menikmati alkohol untuk mengotrol efek tersebut.

Makanan dan minuman yang bermanfaat untuk gigi :

1. Buah dan sayuran

Setiap sayuran atau buah yang kaya serat adalah pilihan yang baik untuk kesehatan mulut Anda. Tekstur buah atau sayuran yang berserat dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan memicu produksi air liur. Makanan sehat tersebut jadi pembersihan mulut dari makanan lengket yang menempel di gigi.

Sayuran dan buah-buahan juga bermanfaat untuk gusi karena memasok vitamin, mineral, dan nutrisi yang membantu mendukung kesehatan gusi dan tulang.

Seledri, wortel, sayuran berdaun hijau, dan apel adalah pilihan yang baik untuk kesehatan mulut.

2. Susu

Susu, keju, dan yogurt tidak hanya menghasilkan air liur yang signifikan, tetapi kalsium dan fosfat yang ditemukan dalam produk susu membantu remineralisasi dan memperkuat email gigi.

3. Makanan rendah gula

Penting untuk secara sengaja memilih makanan rendah gula. Makanan rendah gula akan mengurangi risiko peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan sistem gusi.

4. Air putih

Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan meminum air sepanjang hari. Air putih akan membantu membilas asam manis dan menangkal penumpukan plak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top