Ilustrasi kelaparan./Istimewa
Relationship

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Perut Kosong

Ithamar Yaomi DC
Ithamar Yaomi DC
Kamis, 26 Agustus 2021 - 14:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kondisi perut kosong dapat mengakibatkan bermacam masalah kesehatan hingga mudah marah.

Mengutip dari India.com, Kamis (26/8/2021), ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat perut kosong. Pakar nutrisi, Pooja Makhija menjelaskan ada 6 hal yang tidak boleh Anda lakukan saat perut kosong:

1. Mengawali pagi dengan kafein

Pikirkan dua kali untuk menjadikan kopi sebagai minuman pertama yang akan dikonsumsi saat perut sedang kosong. Minum kopi saat perut kosong memicu keasaman, yang merangsang sekresi asam klorida.

2. Alkohol setelah jeda makan yang lama

Tanpa makanan di perut, alkohol langsung mengalir ke aliran darah. Begitu alkohol masuk ke aliran darah, alkohol dengan cepat didistribusikan ke seluruh tubuh, menyebabkan pembuluh darah melebar dan mengakibatkan perasaan hangat sementara, penurunan denyut nadi sementara, serta tekanan darah. 

Alkohol akan mengalir melalui perut, ginjal, paru-paru, hati, dan kemudian ke otak. Tidak selalu butuh waktu lama untuk ini, sekitar 20 persen alkohol yang diminum seseorang melewati perut dan mencapai otak dalam satu menit.

Kondisi perut yang terisi dengan makanan menurunkan tingkat di mana alkohol bergerak melalui aliran darah dan meminimalkan kerusakan,” tulis Pooja.

3. Mengunyah permen karet saat perut kosong

Mengunyah permen karet dengan perut kosong bukanlah ide yang baik. “Karena mengunyah membuat sistem pencernaan Anda menghasilkan lebih banyak asam pencernaan. Asamnya bisa merusak lapisan perut karena tidak ada makanan yang melapisi perut sehingga menyebabkan bisul,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami