Batu empedu/Istimewa
Health

Gejala-gejala Anda Mungkin Mengidap Batu Empedu, Cek Sekarang

Ni Luh Anggela
Kamis, 16 September 2021 - 09:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sepertinya, Anda perlu waspada terhadap penyakit batu empedu. Pasalnya, kondisi penyakit batu empedu jarang menimbulkan gejala.
 
Batu empedu merupakan endapan cairan pencernaan yang mengeras, yang dapat terbentuk di kantung empedu Anda sebagai akibat dari kolesterol tinggi.
 
Alasan mengapa batu empedu dapat berkembang tidak sepenuhnya diketahui, meskipun ada beberapa faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko.
 
Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena batu empedu jika dibandingkan dengan laki-laki. Mereka yang berusia 40 tahun ke atas juga berisiko, karena fungsi sistem pencernaan yang mulai menurun seiring bertambahnya usia.
 
Meskipun seseorang yang memiliki batu empedu yang tidak menunjukkan tanda ataupun gejala biasanya tidak memerlukan perawatan, tetapi ada beberapa gejala yang perlu Anda waspadai, menurut Mayo Clinic.
 
Berikut beberapa gejala yang perlu Anda waspadai, melansir Express, Kamis (16/9/2021).
 
Pertama, jika Anda mengalami rasa sakit secara mendadak di bagian kanan atas perut Anda, itu bisa menjadi pertanda. Rasa sakit mendadak di bagian tengah perut Anda, tepat di bawah tulang dada Anda, bisa jadi juga merupakan gejala dari batu empedu.
 
Rasa sakit di punggung di antara tulang belikat Anda mungkin merupakan indikasi batu empedu.
 
Mayo Clinic juga menyatakan bahwa rasa sakit di bahu kanan, mual dan muntah, semuanya mungkin merupakan tanda batu empedu.
 
Selain itu, Anda mungkin mengalami kulit yang menguning dan bagian putih mata Anda juga menguning.
 
Demam tinggi disertai menggigil juga merupakan gejala yang serius dan dapat mengindikasikan gejala batu empedu yang parah.
 
Saat Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda harus segera mencari pertolongan medis jika Anda mengalami sakit perut yang begitu hebat sehingga Anda tidak dapat duduk diam atau menemukan posisi yang nyaman. Juga, segeralah membuat janji dengan dokter jika Anda memiliki tanda atau gejala yang mengkhawatirkan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro