Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Jika anda memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan atau penyakit ginjal, ada baiknya anda melakukan tes fungsi ginjal secara teratur.
1

Lima Cara Mencegah Sakit Ginjal

Ginjal - wikybrew.com
Ginjal - wikybrew.com
Bagikan

6. Minum Cukup Air  

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan cara yang paling baik menjaga fungsi ginjal. Air akan membantu membersihkan sodium dan racun dari darah. 

7. Tidak Merokok 

Merokok merusak pembuluh darah tubuh dan menyebabkan darah mengalir lebih lambat ke seluruh tubuh dan ginjal. 

Jika berhenti merokok, risiko kerusakan akan turun. Namun, perlu waktu bertahun-tahun untuk kembali ke tingkat risiko seseorang yang tidak pernah merokok. 

8. Jangan Konsumsi Obat Pereda Nyeri Berlebihan  

Jika anda secara teratur minum obat pereda nyeri yang dijual bebas tanpa resep dokter, kemungkinan hal ini menyebabkan kerusakan ginjal. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal jika diminum secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi. 

Orang tanpa masalah ginjal yang minum obat sesekali kemungkinan akan sembuh. Penggunaan obat pereda nyeri sebaiknya konsultasi terlebih dahulu agar penggunaannya tepat dan aman.  

9. Periksakan fungsi ginjal Jika Berisiko Tinggi

Jika anda memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan atau penyakit ginjal, ada baiknya anda melakukan tes fungsi ginjal secara teratur. Orang-orang yang disarankan mendapat pemeriksaan rutin yaitu orang yang berusia di atas 60 tahun, lahir dengan berat badan rendah, penyakit jantung, memiliki riwayat tekanan darah tinggi, dan obesitas. 

Tes fungsi ginjal secara teratur adalah cara terbaik untu mengetahui kesehatan ginjal sehingga dapat mengatasi kerusakan, memperlambat, atau mencegah kerusakan di masa mendatang. 

10. Ketahui Penyakit Turunan  

Selama menjaga kesehatan, ada baiknya untuk mengetahui penyakit bawaan atau turunan dalam keluarga. Hal ini akan membantu anda untuk mengatur pola hidup yang sesuai dan lebih baik.  

Mempertahankan gaya hidup aktif dan sadar kesehatan adalah hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk memastikan ginjal tetap sehat.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ginjal tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top