Ilustrasi buah segar
Health

Waspada! Ini Daftar Buah yang Mengandung Kadar Gula Tinggi

Newswire
Sabtu, 18 September 2021 - 18:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah merupakan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, Anda perlu waspada karena ternyata ada jenis buah yang justru mengandung kadar gula yang tinggi. Simak daftarnya!

Ketika berbicara tentang makan makanan yang mengandung gula, cara gula dimasukkan ke dalam makanan adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Ahli diet Rayanne Nguyen mengatakan makanan tanpa gula alami, tetapi dengan gula yang ditambahkan ke dalamnya, seperti muffin atau soda, akan berdampak berbeda pada tubuh Anda daripada makanan yang secara alami mengandung gula, seperti buah.

Jika Anda memiliki tujuan untuk makan makanan yang paling sehat, Anda akan disarankan untuk membatasi makanan dengan tambahan gula.

Namun, Anda juga akan didorong untuk mengonsumsi dua cangkir buah setiap hari, sesuai USDA, idealnya yang hanya mengandung gula alami. Mengapa gula yang ditemukan secara alami dalam buah segar tidak berbahaya?

"Buah membawa semua nutrisi lain, seperti air, serat, vitamin, mineral, antioksidan, selain karbohidrat, yang merupakan gula yang sedang kita bicarakan," kata Nguyen seperti dilansir dari Real Simple, Sabtu (18/9/2021).

Sementara itu, ahli diet Nijya Saffo menambahkan penelitian telah menunjukkan bahwa dalam pola makan orang Amerika secara keseluruhan kurang dalam hal makan buah dan sayuran yang cukup.

"Jadi sebagian besar dari kita bahkan tidak makan buah dalam jumlah besar karena khawatir dengan kandungan gulanya," tambahnya.

Namun, ketika berbicara tentang versi buah yang diproses, kedua ahli gizi memberikan peringatan. Buah kering dan buah kalengan dianggap diproses, dan sering kali dikemas dengan tambahan gula, itulah sebabnya mengapa buah jenis ini berada di urutan teratas daftar buah-buahan tinggi gula.

Simak jenis buah yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti dikutip dari Tempo.co:

1. Buah kering

Bahkan tanpa tambahan gula, setengah cangkir buah kering akan memiliki jumlah gula alami yang kira-kira sama dengan satu cangkir buah segar. Selain memperhatikan ukuran porsi Anda, Saffo merekomendasikan untuk memilih buah kering yang memiliki tulisan "tanpa tambahan gula" pada kemasannya.

Anda juga dapat memindai daftar bahan dan memastikan kata-kata seperti gula, pemanis, sukrosa, glukosa, dekstrosa, fruktosa, sirup, nektar, konsentrat jus, madu, dan molase.


2. Buah kaleng

Sejumlah buah kalengan tersedia dalam sirup atau jus manis, kata Nguyen, jadi carilah buah dalam kemasan kaleng yang tidak ditambahkan gula. Untuk ukuran porsi, secangkir buah kalengan tanpa tambahan gula sama dengan secangkir buah segar.

3. Buah Segar

Anda mungkin bertanya-tanya apakah kondisi medis seperti diabetes mengharuskan memilih buah segar yang lebih rendah gula. Saffo mengarahkan klien dengan diabetes dari mengukur asupan buah mereka atau hanya makan buah rendah gula.

Sebagai gantinya, dia merekomendasikan untuk memasangkan buah dengan makanan berprotein setiap kali mereka memakannya, yang dapat menumpulkan kenaikan gula darah. Juga, indeks glikemik (GI) buah lebih berdampak pada seberapa cepat gula darah Anda melonjak dibandingkan dengan jumlah gula. Buah dengan gula tinggi (seperti semangka) sebenarnya memiliki GI yang lebih rendah dan lebih cocok untuk penderita diabetes.


Berikut ini daftar buah segar dengan kadar gula tinggi:

1. Anggur
1 cup anggur atau mendekati porsi 3,5 ons atau 100 gram) mengandung 16 gram gula dan 10 persen Nilai Harian atau daily value (DV) Anda untuk vitamin K.

2. Leci
Ada 15 gram gula dalam 100 gram leci. Jika Anda makan satu cangkir leci, Anda akan mendapatkan lebih banyak gula, karena satu cangkir menampung sekitar 190 gram. Satu cangkir leci juga menyediakan 10 persen DV untuk vitamin C.

3. Ceri (Varietas Manis)
Ceri memiliki 13 gram gula per 100 gram. Secangkir ceri menyediakan 17 gram gula, 10 persen DV untuk serat, 7 persen DV untuk kalium, 9 persen DV untuk tembaga, dan 10 persen DV untuk vitamin C.

4. Mangga
Mangga mengandung 14 gram gula per 100 gram, yang berarti satu cangkir penuh mengandung 23 gram gula. Ini juga mencapai 10 persen dari kebutuhan serat harian Anda, di samping 67 persen DV untuk vitamin C dan 10 persen DV untuk vitamin A dan E.

5. Delima
Delima memiliki 14 gram gula per 100 gram. Jika Anda makan secangkir delima, Anda akan mendapatkan 23 gram gula, bersama dengan 25 persen DV untuk serat, dan 20 persen kebutuhan vitamin C dan K harian Anda.

6. Pisang
Pisang memiliki 12 gram gula per 100 gram. 1 pisang ukuran sedang menyediakan 14 gram gula, 10 persen DV untuk serat, sekitar 10 persen DV untuk kalium, magnesium, dan vitamin C.

7. Blueberry
Ada 10 gram gula per 100 gram blueberry. Secangkir blueberry mengandung hampir 15 gram gula, 13 persen DV untuk serat, 16 persen DV untuk vitamin C, dan 24 persen DV untuk vitamin K.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro