Cokelat hitam bagi untuk meningkatkan mood atau suasana hati
Health

8 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Mood Saat Stres

Annasa Rizki
Senin, 20 September 2021 - 15:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Diet seimbang akan membuat anda berenergi dan memiliki suasana hati (mood) yang baik.  

Menurut praktisi diet di Jaslok Hospital and Research Centre, Jyoti Bhatt mengatakan bahwa makanan memiliki peran untuk menyeimbangkan mood seperti senang, sedih, marah, dan depresi.  

Berikut ini beberapa makanan dan nutrisi yang dapat meningkatkan suasana hati atau mood anda:

1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan triptofan. Jenis asam amino ini akan digunakan otak untuk memproduksi neurotransmitter serotonin yang merupakan hormon untuk membantu menstabilkan mood.  

2. Teh hijau

Teh hijau diketahui dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi inflamasi. Teh ini kaya akan antioksidan seperti catechin (Epigallocatechin gallat atau EGCG) yang akan meningkatkan fungsi otak. 

3. Paprika

Paprika mengandung vitamin A dan B6 yang merupakan nutrisi esensial untuk perkembangan dan fungsi otak. Nutrisi ini akan membantu tubuh memproduksi hormon serotonin dan norepinefrin yang meningkatkan mood. 

4. Biji-bijian

Makanan dengan omega-3 yang tinggi akan mengontrol penyakit jantung, menurunkan berat badan dan mengandung antioksidan. Makanan seperti chia, kacang, dan ikan salmon akan membantu mengurangi depresi dan meningkatkan kesehatan mental.  

5. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi sangat berguna dalam sistem pencernaan tubuh karena kaya bakteri probiotik. Kimchi, miso, tempe, acar, kefir, dan yoghurt adalah beberapa makanan sumber probiotik.  Makanan ini sangat penting untuk menaikkan suasana hati karena serotonin sendiri diproduksi di usus. 

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin, mineral, magnesium, dan antioksidan yang tinggi. Kadar magnesium yang rendah akan memicu risiko depresi.  

7. Bayam

Sayur bayam mengandung vitamin B atau asam folat. Kekurangan vitamin ini akan berdampak pada menurunnya metabolisme hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin atau noradrenalin.

8. Kafein

Kafein membantu meningkatkan mood dengan memicu pelepasan dopamin. Pada sebagian orang, kafein dapat membuat mudah marah, sedih, sulit tidur, atau membawa efek buruk lainnya. Maka hindari meminumnya atau memilih minuman dengan kafein rendah seperti teh hijau atau teh hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro