Ilustrasi kuku rapuh
Health

Ketahui Tanda-tanda Kanker Kulit Melanoma dari Kuku Anda

Ni Luh Anggela
Rabu, 22 September 2021 - 12:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kanker kulit melanoma merupakan kanker kulit yang berkembang dari melanosit. Ini merupakan salah satu kanker kulit yang jarang terjadi, namun paling mematikan dan tumbuh paling cepat.  
 
Terdapat empat jenis kanker kulit melanoma, yaitu Superficial spreading melanoma, Lentigo maligna melanoma, Nodular melanoma dan Acral lentiginous melanoma.
 
Tanda-tanda paling umum dari kondisi ini biasanya terjadi pada permukaan kulit, berupa tahi lalat atau luka.
 
Namun, menurut American Academy of Dermatology (AAD), beberapa tanda di kuku juga bisa menjadi tanda peringatan dini. Mereka mendorong orang-orang untuk memeriksa tidak hanya kulit mereka tetapi juga kuku mereka untuk mencari tanda-tanda kanker.
 
Melanoma dapat berkembang di bawah dan di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Ini sering muncul di ibu jari atau jempol kaki dominan tangan atau kaki Anda, menurut AAD.
 
Melansir Express, Rabu (22/9/2021), tanda-tanda melanoma di sekitar kuku Anda termasuk:

· Garis coklat atau hitam di bawah kuku
· Benjolan atau bintil di bawah kuku
· Kulit lebih gelap di sekitar kuku
· Kuku yang terangkat dan menjauh dari dasar kuku, atau terbelah di tengah kuku
 
Perubahan lain pada kulit, seperti ruam, lesung pipi atau kemerahan, sering disebut sebagai tanda umum dari kondisi tersebut. Pendarahan, ulserasi, dan kulit yang sangat gatal juga memerlukan perhatian medis yang mendesak.
 
Meskipun tanda-tanda ini akan muncul di mana saja di tubuh, yang paling umum muncul di punggung pada pria dan di kaki pada wanita.
 
Melanoma menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia dan sangat dapat diobati jika terdeteksi dini. Apabila Anda mengalami kanker kulit melanoma, operasi adalah salah satu metode utama untuk mengatasinya. Namun, dokter dapat melakukan tindakan lain seperti kemoterapi atau radioterapi jika diperlukan.
 
Untuk mengurangi risiko terkena melanoma, Anda perlu menghindari paparan sinar ultraviolet dalam waktu lama, menggunakan tabir surya dan mengenakan pakaian yang dapat melindungi seluruh tubuh Anda ketika beraktivitas di luar rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro