Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Nutrisi Penting Untuk Memperpanjang Usia

Vitamin D dan B13 berperan penting untuk metabolisme energi, produksi sel darah merah dan meningkatkan kekebalan tubuh.
1

Vitamin D, B12 dan Omega 3

Bahan makanan yang kaya kandungan vitamin D - Istimewa
Bahan makanan yang kaya kandungan vitamin D - Istimewa
  1. Vitamin D

Vitamin D yang juga dikenal dengan "sunshine vitamin"  penting untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuh. Kadar vitamin D tingkat rendah dapat dikaitkan dengan risiko penurunan mental yang lebih besar, kelemahan, kesehatan jantung yang buruk, depresi, osteoporosis, diabetes tipe 2, dan jenis kanker tertentu.

Dikarenakan sumber makanan dengan kandungan vitamin D sangatlah minim, sehingga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D 600IU atau lebih untuk usia 50an. 

  1. Omega-3

Diet kaya asam lemak omega-3 biasanya dikaitkan dengan tingkat penurunan mental dan penyakit neurologis yang lebih rendah, seperti penyakit Alzheimer dan demensia serta kesehatan otak, jantung, dan kulit yang lebih baik.

RDA menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 1.1-1.6 gram per harinya, yang dapat diperoleh dari ikan gemuk seperti salmon, sardines, mackerel, tuna dan ikan haring. 

  1. Vitamin B12

Vitamin ini berperan penting dalam metabolisme energi, produksi sel darah merah, perbaikan DNA, fungsi kekebalan tubuh, serta kesehatan otak dan jantung.

Setelah menginjak usia 50, kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 akan menurun, sehingga menjadi lebih penting untuk mendapatkan vitamin ini dalam porsi makan. 

Orang dewasa dengan usia 50 tahun keatas disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2.4 mcg setiap harinya. Vitamin B12 dengan mudah diperoleh saat mengonsumsi hewani seperti unggas dan daging, ikan, telur, dan sereal.

2 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lansia Manula vitamin d
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top