Cuplikan serial televisi Netflix 'Squid Game'/Netflix
Entertainment

Squid Game Dianggap Jiplak Film As the Gods Will, Ini 5 Faktanya

Aliftya Amarilisya
Kamis, 23 September 2021 - 06:23
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh telah menjiplak film Jepang, As the Gods Will.

Dilansir dari NME, sejak serial tersebut dirilis pada Jumat (17/9/2021) lalu, sejumlah penonton merasa bahwa kedua Squid Game dan As the Gods Will memiliki kesamaan plot, yakni melibatkan pertandingan bertahan hidup dengan menggunakan permainan masa anak-anak.

Seorang warganet asal Korea bahkan mem-posting kompilasi tangkapan layar dari Squid Game dan As The Gods Will yang menunjukkan kemiripan adegan.

Namun, apakah benar demikian? Berikut adalah fakta-faktanya.

1. Terinspirasi dari manga dan manhwa
Dalam sebuah konferensi pers, sang sutradara, Hwang Dong-hyuk, mengaku jika serial tersebut terinspirasi dari komik Jepang dan komik Korea.
"Setelah syuting film debutku pada 2008, aku pergi ke sejumlah toko buku manga dan manhwa. Aku melihat banyak kisah permainan bertahan hidup, jadi aku pikir akan menarik jika genre ini diciptakan kembali dengan tampilan Korea," ucapnya, dilansir dari Allkpop pada Kamis (23/9/2021).

2. Skrip Squid Game dikerjakan sejak 2008
Hwang Dong-hyuk menampik jika Squid Game telah memplagiat film lain. Ia mengatakan bahwa naskah Squid Game dikerjakan pada 2008 dan selesai pada tahun depannya.
"Aku menyelesaikan naskah [Squid Game] pada 2009, namun orang-orang mengatakan itu tidak akan berhasil karena ceritanya kejam dan genrenya tidak dikenal publik saat itu. Aku tidak bisa mendapat investasi atau casting karena proyeknya sulit untuk dimengerti. Jadi aku berhenti menggarapnya," katanya kepada Allkpop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro