Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Cara Alami Mengatasi Gejala PCOS, Wanita Wajib Tahu!

Berikut 3 cara mudah mengatasi gejala PCOS secara alami dilansir dari PinkVilla. Ketahui tahapannya!
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 28 September 2021  |  15:22 WIB
3 Cara Alami Mengatasi Gejala PCOS, Wanita Wajib Tahu!
Ilustrasi perempuan mengalami PCOS - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sindrom Polikostik Ovarium (PCOS) merupakan masalah hormon yang dapat mempengaruhi wanita yang masuk kategori usia subur. Jangan khawatir, Anda bisa mengatasi gejala PCOS dengan 3 cara alami.

Dikutip dari Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pengembangan Manusia (NICHD), PCOS dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi yang terlewat atau tidak teratur, perubahan kulit, pertumbuhan rambut berlebih di wajah dan tubuh, jerawat, kista di ovarium, infertilitas, dan penambahan berat badan.

Sementara itu, penyebab dari PCOS masih belum jelas hingga saat ini. Namun, para peneliti dan layanan kesehatan tahu bahwa faktor genetik dan lingkungan berkontribusi pada perkembangan PCOS.

Sayangnya, dari setiap 10 wanita yang menderita PCOS, hanya 4 wanita yang menyadari kondisi dan gejala penyakit PCOS. Meski terdengar menyeramkan, PCOS dapat dengan mudah dikelola dengan mengikuti pola makan nabati yang bersih dan dengan beralih ke gaya hidup holistik.

Berikut 3 cara mudah mengatasi gejala PCOS secara alami dilansir dari PinkVilla, Selasa (28/9/2021):

1. Konsumsi Sayuran
Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan tingkat proporsional hidangan nabati dalam makanan Anda untuk menjaga tubuh penuh dengan serat dan nutrisi, seperti protein, seng, zat besi, kalium, dan karbohidrat.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan atau suplemen nabati yang kaya akan vitamin D3, Chromium dan Omega 3 yang telah dilaporkan dapat meningkatkan toleransi glukosa, sekresi insulin, dan sensitivitas insulin.

Tambahan penting lainnya untuk diet harian Anda adalah sayuran seperti kubis, bayam, dan kangkung. Sayuran ini kaya akan vitamin B dan rendah kalori.

Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian untuk menyembuhkan tubuh Anda secara internal, membantu mencegah kenaikan berat badan berlebih, dan kadar insulin yang tinggi.

2. Meditasi dan Detoks Diri
Mengubah diri Anda ke mode yoga untuk sementara waktu dapat menguntungkan Anda dalam berbagai cara. Setiap kali Anda bermeditasi atau berlatih yoga, pikiran berfokus pada setiap organ secara individual dan mendukung kesejahteraan holistik dengan menyeimbangkan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Latihan pernapasan seperti pranayama, dikenal dapat membantu melepaskan tingkat stres dan memberikan dampak positif pada kesejahteraan secara keseluruhan. Anda bisa menambahkan segala bentuk aktivitas fisik seperti berjalan atau berolahraga selama 30 menit setiap hari untuk menjaga tubuh Anda lebih kuat.

Untuk membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh Anda dari dalam, kurangi makanan yang diproses, kalori kosong, dan kebiasaan yang menghasilkan racun seperti merokok.

3. Menyeimbangkan Hormon
Untuk menstabilkan hormon, Anda dapat menambahkan herbal sebagai ekstrak shatavari dan ashoka. Nutrisi lain yang harus dimiliki adalah vitamin B8 yang dapat membantu meningkatkan fungsi ovarium dan menormalkan menstruasi.

Jika Anda pejuang PCOS, saran terbaik dan paling efektif adalah berolahraga secara teratur, makan dengan baik, atur pernapasan, dan yang paling penting adalah mendapatkan bantuan dari ahli saat dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wanita menstruasi Kesuburan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top