Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Stroke Hingga Kanker, Simak 11 Khasiat Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, yang menjadi faktor risiko terkuat untuk penyakit jantung dan kematian dini.
1

Turunkan Berat Badan, Alzheimer dan Diabetes

Minyak zaitun bisa mencegah diabetes - Istimewa
Minyak zaitun bisa mencegah diabetes - Istimewa

5. Mencegah Penyakit Jantung  

Penyebab kematian nomor 1 di dunia ini lebih sedikit terjadi di negara-negara Mediterania. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kunci diet masyarakat Mediterania adalah dengan mengonsumsi minyak zaitun extra virgin.  

Minyak dari buah berwarna hijau ini melindungi kolesterol jahat atau LDL dari oksidasi, meningkatkan lapisan pembuluh darah, dan dapat membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan. 

Menariknya, minyak tersebut juga telah terbukti menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk penyakit jantung dan kematian dini. Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun mengurangi kebutuhan akan obat tekanan darah hingga 48 persen. 

6. Tidak Membuat Berat Badan Naik  

Meskipun judulnya minyak, zaitun tidak akan membuat berat badan Anda naik. Dalam penelitian selama 30 bulan pada lebih dari 7.000 mahasiswa Spanyol, mengonsumsi banyak minyak zaitun tidak terkait dengan peningkatan berat badan. 

Selain itu, studi pada 187 peserta menemukan bahwa diet kaya minyak zaitun dikaitkan dengan peningkatan kadar antioksidan dalam darah, serta penurunan berat badan. 

7. Melawan Alzheimer 

Alzheimer menjadi penyakit neurodegeneratif yang umum di dunia. Salah satu faktor utamanya adalah penumpukan plak beta-amiloid di dalam sel-sel otak. Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa zat dalam minyak zaitun dapat membantu menghilangkan plak ini. 

Selain itu, sebuah penelitian pada manusia menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya minyak zaitun bermanfaat bagi fungsi otak. Perlu diingat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan tentang dampak minyak zaitun pada Alzheimer. 

8. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2  

Studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada keterkaitan minyak zaitun dengan kadar gula darah dan insulin. Konsumsi minyak zaitun dapat menurunkan risiko hingga 40 persen terhadap diabetes tipe 2.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak Minyak Zaitun
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top