Iustrasi Pijat refleksi/Istimewa
Health

3 Titik Pijat Refleksi Penghilang Sakit di Punggung, Kepala, dan Perut

Annasa Rizki Kamalina
Kamis, 7 Oktober 2021 - 15:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pijat refleksi memiliki banyak manfaat baik dari segi fisik maupun mental. Melalui 3 titik refleksi dapat memberikan kesehatan secara menyeluruh, mulai dari meredakan kecemasan hingga meningkatkan sirkulasi di punggung, kepala, dan perut. 

Meskipun berdasarkan prinsip pengobatan China, prinsip refleksi memiliki pendekatan yang berbeda dibandingkan akupresur dan akupunktur. Namun, hasil dari akupresur, akupuntur, dan relfeksi sebenarnya sama, yaitu kelegaan dan meringankan sakit badan.

"Tanpa jarum, refleksi cukup menggunakan ibu jari, buku jari, atau alat kayu khusus digunakan dalam refleksologi untuk menerapkan kekuatan pada titik-titik tekanan," jelas Cherry Angelica Alfiler, ahli refleksologi dan guru di Enhance Arts Aesthetics & Spa, Kamis (7/9/2021).

Pijat refleksi merupakan ilmu yang memetakan dan menciptakan refleksi seluruh tubuh pada kaki, tangan, dan telinga. Dengan memberikan tekanan pada area tertentu di tangan, kaki, atau telinga, Anda dapat membantu membawa keseimbangan dan meringankan masalah di bagian tubuh yang bersangkutan.

Dalam istilah yang lebih ilmiah, Gilmore menjelaskan sistem saraf tubuh bergerak dari keadaan simpatik ke keadaan parasimpatis, memungkinkannya bekerja menuju homeostasis dan penyembuhan internal.

Dia mengingatkan bahwa pijak refleksi dapat memberikan bantuan pada penyakit ringan, untuk penyakit yang lebih parah, membutuhkan penanganan lebih serius pula.

Berikut ini 3 cara pijat refleksi yang Anda bisa lakukan di rumah saat atau setelah lelah bekerja, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021).

1. Sakit Punggung

Melansir dari Real Simple, penelitian yang melibatkan 50 perawat mengungkapkan bahwa tiga sesi 40 menit refleksi selama dua minggu menyebabkan penurunan intensitas nyeri punggung.

Studi lain menemukan bahwa orang yang melakukan pijat refleksi seminggu sekali selama enam minggu juga mengalami pengurangan nyeri punggung bagian bawah.

Saat mengalami nyeri punggung—baik bagian atas, bawah, atau tengah—Anda dapat melakukan pijak refleksi pada bagian tengah telapak kaki. Mungkin Anda butuh seorang profesional yang benar-benar dapat membantu memijat di tempat yang tepat. Selain itu, ada baiknya jika Anda memiliki pengetahuan titik relfeksi yang dapat berguna dalam keadaan darurat.

2. Sakit Perut (Nyeri Haid)

Nyeri haid kerap kali mengganggu aktivitas para wanita. Bagi wanita yang sering kali merasakan nyeri setiap datang bulan, dapat melakukan refleksi pada bagian telinga, tangan, dan kaki. Hal ini lebih baik daripada Anda mengonsumsi ibuprofen atau pereda nyeri lainnya.

Salah satu titik refleksi untuk nyeri haid yaitu berada di kaki. Pijat tepat pada pergelangan kaki luar dekat bawah mata kaki selama satu menit.

3. Sakit Kepala

Sakit kepala tidak dapat dihindari saat sedang beraktivitas sehari-hari. Sensasi berdenyut di kepala memberikan rasa sakit yang menyiksa. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lebih dari 15 persen orang usia 18 tahun ke atas melaporkan mengalami sakit dalam tiga bulan kebelakang.

Daripada meminum obat sakit kepala, cobalah lakukan pijat refleksi ini di rumah. Tekan dengan kuat pada bagian yang berdaging di antara jempol dan telunjuk Anda selama satu menit. Rasakan sensasinya dan sakit kepala akan hilang perlahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro