Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Katakan 5 Kalimat Ini Pada Mertua Anda

Penguasaan diri dan kesabaran yang baik menjadi kunci kelancaran hubungan komunikasi yang baik antara mertua dan menantu.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 09 Oktober 2021  |  17:06 WIB
Menantu dan mertua sedang berbincang. Hindari kalimat yang mengkritik saat sedang berbicara dengan mertua. - ilustrasii
Menantu dan mertua sedang berbincang. Hindari kalimat yang mengkritik saat sedang berbicara dengan mertua. - ilustrasii

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian orang merasakan bahwa hubungan menantu dan mertua bisa saja menimbulkan kesalahpahaman karena komunikasi yang kurang baik.

Aturan yang  diciptakan mertua tentunya bisa membuat menantu terkejut. Suka atau tidak suka, ada beberapa pernyataan yang tidak boleh diucapkan kepada ibu mertua.

Mengutip dari Times of India, Sabtu (9/10/2021), selalu gunakan cara yang bijak untuk menghindari konflik dengan ibu mertua. Ciptakan kedamaian dan jangan pernah mengucapkan kata-kata ini kepada ibu mertuamu:

1. Saya tidak meminta pendapat Anda

Orang tua selalu memberikan saran secara spontan dan itu adalah fakta yang universal. Hindari pemikiran bahwa saran yang diberikan mertua adalah saran yang tidak berguna. Simpanlah pemikiran tersebut hanya untuk dirimu sendiri!

Saya berharap Anda telah mengajari anak Anda dengan baik

Pasangan Anda biasanya biasanya akan meniru dan mencontohkan hal yang diperoleh dari orang tuanya. Anda tidak dapat meminta ibu mertua Anda bertanggung jawab atas segalanya. Selesaikanlah masalah Anda dengan pasangan Anda dan jangan bawa ibunya ke dalam masalah ini.

2. Dari siapa dia mewarisi kebiasaan buruk ini?

Pernyataan ini kasar dan apakah Anda merasa memiliki kepribadian yang sempurna? Bahkan jika pasangan Anda memiliki kebiasaan buruk dari orang tua, harap simpan pemikiran ini untuk diri sendiri. Jangan menyakiti siapapun dengan kalimat tersebut.

3. Kenapa terlalu sering datang ke rumah saya?

Bila Anda merasa kedatangan mertua bisa mengganggu privasi Anda, maka sebaiknya jangan katakan kalimat tersebut. Berikan beberapa ruang baik untuk menjaga hubungan baik.

4. Masakanmu sangat berminyak dan tidak enak

Memasak makanan bagi seseorang menjadi bukti cinta. Namun, bila makanan tersebut tidak enak, maka sebaiknya hindarilah mengkritik. Mertua biasanya memberikan masakan untuk berbagi kasih sayang kepada keluarga kecil Anda.

5. Bajumu terlihat kuno dan  kurang  bagus

Kalimat tersebut sangat kasar. Sebaiknya diganti dengan kalimat, “Ibu mertua akan  terlihat lebih cantik dengan gaun yang itu, mengapa tidak memakai itu?”

Hindari kalimat yang mengkritik penampilannya secara langsung. Jika Anda pikir dia membutuhkan riasan, bawa saja riasan Anda sendiri dan tanyakan padanya yang mana yang bisa Anda aplikasikan padanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mertua pasangan suami istri tips cinta
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top