Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga/Freepik.com
Health

10 Cara Mudah dan Efektif untuk Jaga Kesehatan Mental

Ithamar Yaomi DC
Senin, 11 Oktober 2021 - 11:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober 2021 menjadi pengingat bagi kita agar tidak hanya menjaga kesehatan fisik tetapi emosional. Simak 10 cara mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan mental

Kebanyakan orang berbicara tentang kebugaran, mengonsumsi makanan sehat, ketimbang menjaga kesehatan mental. Sayangnya, sangat sedikit orang yang mau meluangkan waktu untuk duduk dan merenungkan salah satu aspek terpenting dalam hidup: kondisi pikiran mereka.

“Semua manusia memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang hebat. Namun terkadang tantangan sehari-hari dan keadaan tak terduga dapat membangun tembok yang mengubah jalan misi kita,” ujar psikolog Vijal Sejpal, dilansir dari Indian Express, Senin, (11/10/2021).

Simak 10 cara mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan mental, khususnya selama pandemi Covid-19 seperti dilansir dari Indian Express.

1. Tidur yang cukup

Semakin banyak waktu yang Anda alokasikan untuk beristirahat, semakin efisien kinerja Anda dalam beraktivitas. Tidur antara 7-9 jam setiap malam sangat penting untuk tetap fokus pada hari berikutnya.

2. Minum air

Merasa mudah tersinggung adalah konsekuensi umum yang diderita karena dehidrasi. Minum 1,5-2 liter air sangat penting, terutama jika sebagian besar hari Anda dihabiskan dengan menatap komputer dan kurangnya aktivitas fisik intensitas tinggi.

Minum cukup air mengurangi kelelahan, meningkatkan penurunan berat badan, membuang racun, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kram, keseleo dan mencerahkan kulit.

3. Berolahraga 30 menit setiap hari

Seperti halnya tidur, banyak orang dewasa mengatakan mereka tidak dapat menemukan waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga merupakan obat alami terbaik untuk menghilangkan stres.

Peningkatan denyut jantung karena olahraga memompa oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda dan membantu meningkatkan sistem kardiovaskular. Anda tidak hanya akan merasa lebih baik, tetapi tubuh Anda yang terpahat, kencang dan berotot.

4. Pertimbangkan diet Anda

Popularitas makanan siap saji, mengandung gula, dan energi tinggi telah meningkat selama beberapa dekade terakhir. Hal ini berkorelasi dengan pertumbuhan depresi dan kecemasan. Keteraturan makan dan kontrol porsi juga harus dipertimbangkan ketika mempertimbangkan modifikasi diet.

Makan dalam porsi besar sebelum tidur kemungkinan akan membuat Anda terbangun dengan sangat linglung keesokan paginya. Ini merupakan akibat dari lonjakan gula darah Anda bahkan sebelum Anda bangun dan mengakibatkan kelelahan.

5. Merasa positif

Meningkatkan kepercayaan diri adalah komponen kunci dari kondisi mental yang sehat. Salah satunya berpakaian dengan baik mampu membantu menumbuhkan pandangan mental yang lebih positif.

Semua orang ingin diingat ketika membuat kesan pertama. Berpakaian rapi adalah investasi langkah kecil yang menciptakan manfaat penting bagi kesehatan mental Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro