Ilustrasi perawatan wajah dengan metode uap panas atau facial steam/beststyletrends.com
Health

10 Manfaat Facial Steam, Bisa Bikin Kulit Glowing!

Annasa Rizki Kamalina
Senin, 18 Oktober 2021 - 17:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki kulit cerah atau glowing tak harus ke spa mahal. Kamu bisa mencoba metode perawatan kulit dengan uap wajah atau facial steam. Berikut 10 manfaat facial steam yang perlu kamu tahu.

Metode facial steam merupakan perawatan kulit yang membersihkan, menutrisi, dan pastinya terasa mewah. Facial steam menggunakan uap panas dari air sehingga dapat membuka pori-pori, membersihkan wajah. Uap panas akan membuat kotoran, sebum, dan kulit mati akan lebih mudah dibersihkan.

Berikut ini 10 manfaat facial steam seperti dilansir dari Healthline, Senin (18/10/2021). Bisa bikin kulit glowing!

1. Membersihkan Wajah

Uap membuka pori-pori Anda dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran untuk pembersihan yang lebih dalam. Membuka pori-pori Anda juga melembutkan komedo, membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kombinasi uap hangat dan peningkatan keringat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Peningkatan aliran darah ini memberi nutrisi pada kulit dan memberikan oksigen. Rutin melakukan uap akan menghasilkan wajah bercahaya alami dan sehat.

3. Menghilangkan Bakteri Penyebab Jerawat

Uap panas akan membuka pori-pori dan memungkinkan pelepasan sel-sel kulit mati, bakteri, dan kotoran lain yang menyumbat pori-pori dan berkontribusi pada pertumbuhan jerawat.

4. Menghilangkan Sebum

Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebasea melumasi kulit dan rambut Anda. Ketika sebum terperangkap di bawah permukaan kulit, hal itu menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri dan menyebabkan jerawat dan komedo.

5. Menghidrasi Wajah

Uap panas menghidrasi kulit dengan membantu meningkatkan produksi minyak. Minyak ini akan melembabkan wajah secara alami.

10 Manfaat Facial Steam, Bisa Bikin Kulit Glowing!

Ilustrasi melakukan facial steam di rumah/istimewa

6. Membuat Wajah Menyerap Skincare Lebih Baik

Uap meningkatkan permeabilitas kulit – kemampuan sel mololoskan cairan – memungkinkannya menyerap produk perawatan kulit dengan lebih baik. Hal itu akan membuat Anda lebih hemat dan mendapatkan hasil skincare lebih maksimal.

7. Meningkatkan Produksi Kolagen dan Elastin

Perawatan wajah satu ini akan menginisiasi pembentukan kolagen dan elastin. Peningkatan aliran darah yang dialami selama facial steam meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Ini menghasilkan kulit yang lebih kencang dan tampak lebih muda.

8. Menenangkan Wajah

Sensasi uap hangat di wajah membuat rileks. Tambahkan beberapa aroma menenangkan menggunakan herbal atau minyak esensial untuk aromaterapi agar lebih rileks dan tenang.

9. Membantu Memulihkan Sinus

Uap bisa membantu meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala yang sering menyertainya. Menambahkan minyak esensial tertentu ke uap Anda dapat meningkatkan efeknya.

10. Mudah dan Terjangkau

Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan facial steam di spa atau klinik. Cukup lakukan di rumah untuk menikmati manfaatnya dengan menggunakan barang yang sudah ada.

Ada beberapa cara untuk menikmati perawatan kulit serbaguna ini di rumah. Kamu dapat menggunakan alat steam wajah ataupun menggunakan mangkuk sebagai pengganti alat steam. Kamu juga bisa menambahkan rempah-rempah, essential oil, atau buah lemon untuk dicampur ke mangkul berisi air panas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro