Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gejala Endometriosis yang Perlu Diketahui Calon Ibu

Dalam prosedur laparaskopo, maka terdapat teleskop kecil yang dimasukan ke dalam perut melalui pusar, yang memungkinkan meuntuk melihat endometriosis dan mengeluarkannya jika perlu.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 18 Oktober 2021  |  16:49 WIB
Gejala Endometriosis yang Perlu Diketahui Calon Ibu
Ilustrasi ibu hamil

Bisnis.com, JAKARTA – Endometriosis adalah kondisi dimana lapisan rahim yang tubuh di luar dinding rahim.

Kondisi ini dapat terjadi satu dari 10 wanita dan dapat terjadi pada usia berapapun. Untuk menghindari semakin parah, Anda perlu mengetahui gejala endometriosis yang sangat umum dan sering salah didiagnosis.

Untuk gejalanya endometriosis dapat berbeda untuk setiap orang dan bahkan beberapa Wanita mengalami tanda-randa yang parah ataupun tidak menyadari sama sekali.

Banyak Wanita juga melaporkan nyeri panggul kronis sebagai gejala yang khas. Hal ini sering ditemukan pada Wanita yang mendarita endometriosis dan seringkali nyeri pada panggul juga sering salah didiagnosis.

Rasa sakit tersebut muncul dikarenakan lapisan rahim yang abnormal sering luruh saat menstruasi dimulai. Akibatnya maka dapat menyebabkan seperti pendarahan, peradangan dan lainnya.

Yale Medicine mengatakan bahwa jenis rasa sakit ini sering diabaikan dan diremehkan, dengan menganggapnya seperti kram mentruasi ‘normal’ terutama di kalangan wanita muda.

Untuk itu, maka Anda perlu menjalani prosedur laparoskopi untuk memastikan apakah gejala tersebut disebabkan oleh endometriosis.

Dalam prosedur laparaskopo, maka terdapat teleskop kecil yang dimasukan ke dalam perut melalui pusar, yang memungkinkan meuntuk melihat endometriosis dan mengeluarkannya jika perlu.

Namun di lain sisi, walaupun endometriosis sering menyebabkan rasa sakit yang hebat, dalam beberapa kasus orang juga tidak mengalami hal ini.

Untuk itu, Anda perlu mendapatkan diagnosis yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan organ, jaringan parut internal, dan infertilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker rahim endometriosis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top