Athritis/clevelandclinichealthesential
Health

Tips Mencegah Risiko Radang Sendi Alias Arthritis

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Radang sendi dikenal sebagai penyakit yang sering menyerang usia lanjut.

Tapi, saat ini, Arthritis juga bisa menyerang segala usia termasuk anak-anak, meskipun ada beberapa faktor risiko yang dapat dimodifikasi yang dapat membantu mencegah kondisi tersebut.

Arthritis bukanlah penyakit tunggal, melainkan suatu cara untuk merujuk pada nyeri sendi atau penyakit sendi. Ada lebih dari 100 jenis radang sendi dan kondisi terkait.

Osteoarthritis dan rheumatoid arthritis adalah dua jenis arthritis yang paling umum. Saat ini, NHS mencatat bahwa tidak ada obat untuk radang sendi, tetapi ada banyak perawatan yang dapat membantu memperlambatnya. Ada juga sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kondisi tersebut.

The Arthritis Foundation of Asia mengatakan bahwa meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah radang sendi, Anda mungkin dapat “secara signifikan mengurangi risiko radang sendi” dengan beberapa kegiatan.

“Menghindari cedera olahraga dengan pakai peralatan yang tepat, pelatihan yang memadai, dan permainan yang aman dapat mencegah robekan ACL (anterior cruciate ligament) yang dapat menyebabkan osteoartritis dalam beberapa tahun atau beberapa dekade kemudian,” kata NHS dilansir dari Express.

Mereka menambahkan bahwa banyak jenis radang sendi dianggap sebagai hasil dari kombinasi kecenderungan genetik dan pemicu lingkungan, jadi menemukan pemicu jenis radang sendi "mungkin menjadi kunci pencegahannya", bahkan pada seseorang dengan risiko genetik.

Beberapa perilaku dan karakteristik, yang disebut faktor risiko, dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena beberapa jenis radang sendi atau memperburuknya.

Beberapa, seperti genetika, tidak dapat Anda kendalikan, tetapi ada faktor lain yang mungkin dapat Anda modifikasi - yang dikenal sebagai faktor risiko yang dapat dimodifikasi.

Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan A.S. mengatakan orang yang kelebihan berat badan atau lebih mungkin terkena osteoartritis lutut daripada orang yang tidak kelebihan berat badan.

Berat badan ekstra memberi lebih banyak tekanan pada persendian, terutama persendian yang menahan beban seperti pinggul dan lutut.

Makan sehat dan aktivitas fisik dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Cedera sendi atau penggunaan berlebihan seperti menekuk lutut dan stres berulang dapat merusak sendi dan berkontribusi pada perkembangan osteoartritis pada sendi itu.

"Pekerjaan yang melibatkan tekukan lutut berulang dan jongkok dikaitkan dengan osteoartritis lutut," tambahnya.

Merokok juga meningkatkan risiko seseorang terkena rheumatoid arthritis dan “dapat memperburuk penyakit”.

The Arthritis Foundation mengatakan bahwa gejala arthritis rumit dan bervariasi.

Jika Anda menderita radang sendi, persendian Anda kemungkinan besar akan terasa kaku dan sulit digerakkan, Anda mungkin juga menemukan bahwa area di sekitar persendian Anda mungkin terasa hangat, terlihat merah atau bengkak.

NHS mengatakan bahwa gejala Anda akan sangat bervariasi tergantung pada jenis yang Anda miliki.

Meskipun tidak ada obat untuk radang sendi, perawatan telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir dan, untuk banyak jenis radang sendi, terutama radang sendi, ada manfaat yang jelas dalam memulai pengobatan pada tahap awal, kata badan amal Versus Arthritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro